Breel Embolo. (SEBASTIEN BOZON / AFP)
Breel Embolo. (SEBASTIEN BOZON / AFP)

10 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Liga Champions (Bagian 1)

Friko Simanjuntak • 17 September 2022 17:22
Jakarta: Liga Champions merupakan kompetisi paling bergengsi bagi klub-klub Eropa. Tak hanya mempertontonkan aksi-aksi terbaik dari para pemain bintang, Liga Champions juga tak jarang memunculkan pemain-pemain muda dengan talenta luar biasa.
 
Dalam sejarahnya, kita sudah melihat banyak pemain muda yang mencuri perhatian berkat penampilan apiknya di Liga Champions. Nama mereka bahkan kemudian meroket setelah mampu mencetak gol di kompetisi yang diikuti klub-klub juara di belahan Eropa.
 
Seperti halnya di kompetisi-kompetisi lain, Liga Champions juga mencatatkan sejumlah rekor yang dicatatkan para pemain muda. Salah satunya pencetak gol termuda. Siapa sajakah pemain-pemain muda yang masuk dalam sejarah Liga Champions untuk urusan mencetak gol?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut 10 pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Champions (Bagian 1):
 
10. Aaron Ramsey (Arsenal): 17 tahun 300 hari
21 Oktober 2008: Fenerbahce 2 - 5 Arsenal

 
Aaron James Ramsey memulai kariernya di Cardiff City dan menjadi pemain termuda yang pernah bermain untuk klub, yakni 16 tahun dan 124 hari. Setahun kemudian atau tepatnya pada 2008, pelatih Arsene Wenger memboyong Ramsey ke Arsenal dengan mahar 5 juta poundsterling.
 
Bergabung dengan Arsenal membuka peluang bagi Ramsey untuk merasakan atmosfer Liga Champions. Pada 21 Oktober 2008, Ramsey masuk sebagai pemain pengganti saat Arsenal bertandang ke markas Fenerbahce pada fase grup Liga Champions 2008/2009.
 
Masuk menggantikan Abou Diaby pada menit ke-73, Ramsey berhasil mencatatkan namanya sebagai salah satu pencetak gol termuda di Liga Champions usai sepakannya di menit ke-90 berbuah gol dan mengamankan kemenangan 5-2 Arsenal. Saat itu, Ramsey baru berusia 17 tahun dan 300 hari.
 
Ramsey bermain 371 kali untuk Arsenal, memenangkan tiga Piala FA, sebelum bergabung dengan Juventus pada 2019 dengan status bebas transfer. Sayang, kariernya di Italia tidak berjalan dengan baik di mana ia kerap dibekap cedera. Ramsey hanya memainkan 70 laga dan mencetak enam gol dalam tiga musim bersama Si Nyonya Tua.
 
Saat ini, Ramsey yang berusia 31 tahun bermain untuk klub Prancis, Nice, yang merekrutnya dari Juventus dengan status free transfer pada bursa transfer musim panas ini.
 
9. Jude Bellingham (Borrusia Dortmund): 17 tahun 289 hari
14 Apri 2021: Borussia Dortmund 1-2 Manchester City

 
Memulai kariernya bersama Birmingham City, Jude Bellingham disebut-sebut sebagai salah satu talenta dengan prospek cerah. Apalagi, di usianya yang masih 17 tahun, Bellingham sudah dikontrak salah satu klub raksasa Jerman, Borussia Dortmund dengan mahar 26 juta pounds –rekor termahal untuk pemain seusianya.
 
Pada tahun 2021, Jude Bellingham sukses menyita perhatian saat Dortmund menjamu Manchester City pada leg 2 babak perempat final Liga Champions 2020-2021. Bermain sebagai starter, Bellingham yang saat itu berusia 17 tahun, 289 hari sukses membobol gawang Ederson sekaligus membuka keunggulan Dortmund. Sayangnya, gol tersebut tak mampu menyelamatkan Dortmund dari kekalahan 1-2 di hadapan publik sendiri.
 
Hingga kini, Jude Bellingham masih bermain untuk Dortmund. Teranyar, Bellingham kembali sukses membobol gawang Manchester City di pada fase grup Liga Champions 2022-2023. Sayangnya, hasilnya tetap sama seperti dua tahun lalu. Dortmund dipaksa takluk 1-2.
 
Jude Bellingham saat ini tengah menjalani musim ketiganya bersama Dortmund. Selama kurun waktu tersebut pemain yang berposisi sebagai gelandang ini telah mengemas 13 gol dari 99 penampilan di semua ajang.  
 
8. Breel Embolo (Basel): 17 tahun 263 hari
4 November 2014: Basel 4-0 Ludogorets

 
Breel Donald Embolo yang lahir di Kamerun pindah bersama keluarganya ke Prancis sebelum akhirnya menetap di Swiss. Setelah bergabung di tim junior Basel pada 2010, Embolo melakukan debut profesionalnya untuk Basel pada Maret 2014 dan memenangkan Liga Super Swiss tiga kali.
 
Nama Breel Embolo mulai dikenal di panggung Eropa usai mencetak gol perdananya di Liga Champions saat berusia 17 tahun, 263 hari. Ia jadi salah satu pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Champions usai menyumbang satu gol dalam kemenangan 4-0 Basel atas Ludogorets di fase grup Liga Champions 2014-2015.
 
Mencetak 21 gol dalam 61 laga untuk Basel, Embolo kemudian direkrut oleh tim Bundesliga, Schalke seharga 20 juta euro. Saat ini, Breel Embolo  bermain untuk klub Ligue 1 Prancis, AS Monaco yang merekrutnya dari Borussia Moenchengladbach pada musim panas ini. Sejauh ini, dari 11 laga yang dimainkannya bersama Monaco, Embolo sudah mengemas tiga gol dari 11 pertandingan di semua ajang.
 
7. Martin Klein (Sparta Praha): 17 tahun 241 hari
27 Februari 2002: Panathinaikos 2-1 Sparta Praha

 
Martin Klein adalah satu-satunya bek dalam daftar pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Champions. Ia memulai kariernya bersama Sparta Praha pada 2000 dan menghabiskan empat tahun bersama Zelezna –julukan Sparta Praha.
 
Yang unik, messki empat merumput bersama Sparta Praha, Martin Klein hanya mencatatkan empat penampilan. Meski tak banyak mendapat kesempatan, namun Klein bisa memanfaatkan setiap kesempatan yang didapatkannya dengan baik.
 
Seperti yang terjadi pada 27 Februari 2002, Martin Klein yang masuk sebagai pemain pengganti, sukses mencetak gol ke gawang Panathinaikos pada fase grup Liga Champions 2001-2002. Saat itu, Klein masih berusia 17 tahun dan 241 hari.
 
Setelah meninggalkan Sparta Praha pada 2004, Klein kemudian bermain untuk 11 klub berbeda dan tidak pernah berhasil mencapai level teratas dalam karier sepak bola. Saat ini, Klein yang berusia 38 tahun berstatus free agent setelah meninggalkan klub divisi enam Jerman Kickers Selb pada tahun 2020.
 
6. Bojan Krkic (Barcelona): 17 tahun 218 hari
1 April 2008: Schalke 0-1 Barcelona

 
Pada awal kemunculannya, Bojan Krkic Perez sempat disebut-sebut The Next Lionel Messi. Pemain jebolan akademi La Masia ini melakukan debut di tim utama Barcelona pada usia 17 tahun dan 19 hari, sekaligus memecahkan rekor yang dibuat oleh Messi. Apalagi, di musim debutnya, ia mencetak 12 gol dalam 48 pertandingan bersama Blaugrana.
 
Pada 1 April 2008, Bojan mencetak gol debutnya di Liga Champions melawan Schalke pada leg pertama (tandang) perempat final 2007-2008. Bojan mencetak gol perdananya di Liga Champions usai memanfaatkan bola rebound hasil sepakan Thierry Henry yang diblok Manuel Neuer. Saat itu, Bojan baru berusia 17 tahun 218 hari.
 
Bojan Krkic menghabiskan empat musim di Camp Nou, mencetak 41 gol dalam 162 pertandingan. Catatan ini ternyata ticak cukup untuk Barca yang kemudian melepasnya ke AS Roma pada 2011. Sayangnya, Bojan tak mampu menunjukkan potensi besarnya sehingga kerap menghabiskan kariernya dengan bergonta-ganti klub. Saat ini, Bojan Krkic yang berusia 32 tahun bermain di kompetisi J-League bersama Vissel Kobe.
 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif