Lewis Hamilton. (instagram @lewishamilton)
Lewis Hamilton. (instagram @lewishamilton)

Formula 1

Tak Hadir di Acara Seremoni Juara F1, Hamilton Siap-siap Kena Sanksi

Adri Prima • 18 Desember 2021 17:52
Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton terancam kena sanksi dari federasi balap dunia (FIA) karena pembalap asal Inggris tersebut tidak menghadiri acara penganugerahan juara Formula 1 2021.
 
Ketidakhadiran Hamilton dikaitkan dengan kekecewaannya dengan sikap penyelenggara GP Abu Dhabi yang dinilai tidak berpihak kepada Hamilton dan Mercedes. Alhasil, Max Verstappen dari tim Red Bull keluar sebagai pemenang sekaligus mengunci gelar juara dunia pertamanya.
 
Terlepas dari kekecewaan Hamilton dan tim atas hasil akhir F1 2021, namun yang pasti kehadiran tiga pembalap teratas di klasemen ternyata tertuang dalam regulasi Formula 1 yang berbunyi; "Pembalap yang menduduki posisi pertama, kedua, dan ketiga di klasemen harus menghadiri upacara penyerahan hadiah FIA." 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden baru FIA Mohammed ben Sulayem sendiri berujar akan menerapkan aturan secara tegas. "Pada akhirnya, aturan harus ditegakkan," kata Sulayem.
 
Namun sayangnya ia belum bisa membeberkan sanksi seperti apa yang akan diterima Hamilton. 
 
Lebih lanjut, terkait dengan kontroversi di F1 Abu Dhabi, suksesor Jean Todt tersebut bakal melakukan evaluasi. Ia juga berjanji hal serupa tak akan terjadi di musim-musim mendatang
 
"Saya telah berjanji kami akan melihat aturan yang ada dan memastikan situasi serupa tidak terjadi di masa depan," kata Sulayem. 
 
"Kami telah bertemu dengan para pembalap dan saya merasa apa yang terjadi telah diselesaikan," bebernya.
 
(PRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif