Helm Baru untuk F1 Diklaim Paling Aman
(Dok. FIA)
Jakarta: FIA, otoritas tertinggi motorsport membuat standar helm yang akan digunakan pada balapan Formula 1 musim 2019. Mereka mengklaim bahwa itu adalah helm ultra-protective atau paling aman.

Fokus FIA memang meningkatkan keamanan ketimbang penampilan. Dibantu oleh sejumlah produsen helm seperti Stilo, Bell, Schuberth, dan Arai, penelitian yang dilakukan berujung pada peningkatan penyerapan energi dan perlindungan balistik teranyar.

Bagian atas kaca helm akan diturunkan sekitar 10mm. Meski sepele, itu diyakini bisa meminimalisir bahaya akibat serpihan ketika mengalami kecelakaan. Bahan atau material yang digunakan pada helm juga bisa memaksimalkan pengamanan dari benturan.


Klik: McLaren Kerap Kesulitan Mengaspal di Sirkuit Montreal

"Sebenarnya helm yang sudah ada pun sudah merupakan yang paling aman di dunia, tapi standar baru yang kami terapkan akan jauh lebih aman lagi," ujar Laurent Mekies, Direktur Keamanan FIA.


Komitmen FIA untuk meningkatkan keamanan kepada pembalap Formula 1 tidak akan berhenti sampai di sini saja. Mereka bertekad untuk terus melakukan penelitian demi penelitian agar tercapai temuan baru.

"Ya memang penting sekali buat tim riset keamanan kami untuk terus meningkatkan pengetahuan. Maka dari itu, kami meminta semua manufaktur untuk nantinya mengikuti arahan yang ada. Standar helm wajib dipenuhi per musim 2019," sambungnya.

Video: Jorge Lorenzo Resmi Gabung Repsol Honda
 



(FIR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id