Pebulu tangkis Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo (dok. PBSI)
Pebulu tangkis Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo (dok. PBSI)

SEA Games

SEA Games: Tim Bulu Tangkis Putra Indonesia Atasi Kamboja

Gregorius Gelino • 16 Mei 2022 20:56
Bac Giang: Tim beregu putra bulu tangkis Indonesia tampil ngotot di babak perempat final SEA Games 2021. Menurunkan kekuatan terbaik, tanpa ampun mereka mengatasi perlawanan Kamboja dengan skor 3-0 di Bac Giang Gymnasium, Senin, 16 Mei, sore.
 
Kemenangan dibuka oleh kapten tim, Chico Aura Dwi Wardoyo setelah mengalahkan Vath Vannthoun 21-6 dan 21-9.
 
"Alhamdulillah hari ini bisa menang. Pertandingan pertama sangat penting buat saya maupun tim," kata Chico.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hari ini lebih coba menyesuaikan lagi kondisi lapangan. Angin, lampu dan lain-lain. Memang tidak terlalu berbeda dengan kemarin, hanya sedikit-sedikit saja anginnya agak beda," ungkapnya.
 
"Besok kalau diturunkan lagi, saya mau lebih siap stamina, fokus dan mentalnya karena pasti lawan lebih tangguh," pungkasnya.
 
Di laga kedua, ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan juga tidak menemui hambatan berarti. Mereka menang 21-7 dan 21-14 atas Heng Mengleap/Yam Samnang.
 
"Kami bermain sudah enak hari ini. Hanya tadi lapangannya bising oleh pendukung tuan rumah. Itu cukup mengganggu fokus," ucap Pramudya.
 
"Di gim pertama kami memang coba main bertahan dulu. Ngenakin defense. Di gim kedua baru kami coba buat lebih menyerang," sambung Yeremia.
 
Selain bisingnya penonton, Pramudya/Yeremia juga mengaku terganggu dengan servis lawan yang mengagetkan.
 
"Mereka selalu menggunakan flick service dan agak tinggi. Bikin kaget  apalagi pas awal-awal gim, cukup menganggu. Tapi beruntung kami bisa mengatasinya," ujar Pramudya.
 
Kemenangan beregu putra Indonesia dipastikan Christian Adinata yang turun di nomor tunggal kedua. Christian menang mudah atas Sok Rikreay dengan skor 21-7 dan 21-6.
 
"Puji Tuhan bisa bermain dengan lancar tanpa cedera dan memastikan Indonesia ke semifinal," buka Christian.
 
"Karena hari ini pertandingan pertama, saya  mencoba lebih banyak variasi pukulan dan pola. Juga menyerap atmosfer di lapangan. Tadi juga saya sudah mengeluarkan semua yang dilatih," lanjutnya.
 
Di babak semi final, beregu putra Indonesia akan menantang Thailand. Christian mengatakan siap bila kembali dipercaya untuk turun berlaga.
 
"Saya siap bila kembali diturunkan. Lawan Thailand pasti lebih tangguh dan tidak mudah," sebut Christian.
 
"Saya mau diskusi dengan pelatih dulu tentang strategi dan menonton video pertandingan calon-calon lawan," kata Christian lagi.
 
Sementara, Manajer Tim Eddy Prayitno puas dengan penampilan tim beregu putra di partai perempat final. Ia memang memprediksi skuat Garuda akan menang 3-0 atas Kamboja.
 
"Saya puas melihat penampilan anak-anak di laga tadi. Semua tampil maksimal dan tanpa beban," ujar Eddy.
 
"Kemenangan ini sesuai prediksi kami karena memang di dalam data, Kamboja masih satu level di bawah tim Indonesia," sahut Eddy.
 
Eddy pun berpesan kepada tim untuk segera fokus ke lawan berikutnya, Thailand. Dikatakannya Thailand berstrategi hari ini dengan menyimpan salah satu andalannya, Sitthikom Thammasin di laga perempat final melawan Filipina.
 
"Besok tim putra akan bertemu Thailand. Tidak mudah jadi saya berharap mereka bisa lebih fokus, lebih semangat dan waspada. Siapapun yang diturunkan, harus menunjukkan yang terbaik," tutur Eddy.
 
"Thailand hari ini menyimpan Sitthikom (Thammasin). Besok kemungkinan besar baru akan turun melawan kita. Tunggal kedua yang diturunkan nanti mesti ektra waspada karena tenaganya masih fresh," pesan Eddy.
 
Babak semi final nomor beregu SEA Games Vietnam 2021 akan bergulir hari Selasa, 17 Mei, besok. Selain beregu putra yang akan bertanding mulai pukul 15.00 WIB, beregu putri juga akan bertanding melawan tuan rumah Vietnam mulai pukul 09.00 WIB.
 
(KAH)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif