Tekuk Tiongkok, Thailand Tantang Jepang di Final Piala Uber 2018
Busanan Ongbamrungphan. (Foto: BWF)
Bangkok: Tim bulu tangkis putri Thailand berhasil mengalahkan Tiongkok pada semifinal Piala Uber 2018, Jumat 25 Mei. Dengan begitu artinya, mereka berhak ke final  untuk berhadapan dengan Jepang.
 
Jepang lolos lebih dulu ke final setelah menaklukkan Korea Selatan dengan skor, 3-1. Kemenangan itu mereka raih tidak terlalu sulit karena Korsel baru memberi perlawanan sengit ketika memainkan partai keempat yang dimainkan Baek Ha Na/Lee Yu Rim.

Klik: Hendra/Ahsan Gantikan Fajar/Rian untuk Hadapi Tiongkok
 
Berbeda dengan Jepang, Thailand justru harus susah payah untuk mengalahkan Tiongkok. Itu wajar saja terjadi karena Tiongkok berstatus sebagai juara bertahan dan para pemainnya pun memiliki ranking yang lebih baik.
 
Namun, apalah arti catatan di atas kertas jika kenyataan di atas lapangan berbeda. Buktinya, timnas putri Thailand mampu bangkit dan tampil lebih semangat hingga laga kelima. Dengan kegigihan yang luar biasa, tuan rumah akhirnya menang dengan skor, 3-2.
 
Ratchanok Intanon yang merupakan mantan tunggal putri terbaik dunia sukses membuka keunggulan bagi Thailand. Ia harus bertanding sekitar sejam untuk mengalahkan Chen Yufei yang menjadi lawannya saat itu. 

Klik: NBA Umumkan Dream Team Musim 2017--2018
 
Ganda putri terbaik dunia, Chen Qingchen/Jia Yifan, sukses menyamakan kedudukan untuk Tiongkok ketika diturunkan pada partai kedua. Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai yang menjadi lawannya saat itu mereka tekuk dalam dua game langsung.
 
Kedua tim saling bergantian mencetak poin untuk timnya pada laga selanjutnya. Namun, Thailand berhasil memberi kejutan ketika menurunkan Busanan Ongbamrungphan pada partai kelima. Saat itu, ia menjadi penentu kemenangan dengan menaklukkan Li Xuerui yang merupakan mantan tunggal putri terbaik dunia.


Berikut hasil lengkap Thailand vs Tiongkok:
 
Tunggal Putri 1
Ratchanok Intanon 
         vs    15-21, 21-9, 21-14
Chen Yufei
 
Ganda Putri 1
Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai
          vs      17-21, 20-22
Chen Qingchen/Jia Yifan
 
Tunggal Putri 2
Nitchaon Jindapol
         vs     19-21, 21-19, 21-12
Gao Fangjie
 
Ganda Putri 2
Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai
          vs     26-24, 17-21, 18-21 
Huang Yaqiong/Tang Jinhua
 
Tunggal Putri 3
Busanan Ongbamrungphan
       vs     21-11, 21-9
Li Xuerui
 




(KAU)