Momen saat Tontowi Ahmad (kanan) bersalaman dengan Liliyana Natsir (Foto: Humas PBSI)
Momen saat Tontowi Ahmad (kanan) bersalaman dengan Liliyana Natsir (Foto: Humas PBSI)

Tontowi: Pokoknya, Cik Butet Selalu Benar!

Olahraga bulu tangkis indonesia masters
Kautsar Halim • 27 Januari 2019 10:03
Jakarta: Tontowi Ahmad mengutarakan pengalamannya selama berduet dengan Liliyana Natsir sebagai ganda campuran terbaik Indonesia. Menurutnya, wanita yang akrab disapa Butet itu tidak ada duanya di kancah bulu tangkis Indonesia.
 
"Cara dia memotivasi itu yang pasti enggak terlupakan. Soalnya, tidak ada lagi yang seperti dia," kata Tontowi dalam jumpa pers di Istora, Sabtu 26 Januari.
 
Owi--nama panggilan Tontowi akan berhenti berduet seusai melakoni final Indonesia Masters 2019, Minggu 27 Januari. Itu terjadi karena Liliyana memutuskan pensiun dari dunia bulu tangkis untuk fokus menjalani sisi kehidupannya yang lain.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Banyak kenangan manis yang telah dilalui Owi dengan Butet. Beberapa di antaranya ketika merebut emas Olimpiade 2016 serta hattrick gelar All England yang merupakan turnamen bulu tangkis tertua. Namun, prestasi itu dijelaskan Owi tak akan terwujud apabila Liliyana tidak bersikap tegas di tiap laga.

Baca: Terhempas di Semifinal, Greysia/Apriyani Persoalkan Kedewasaan

"Cik Butet biasanya kesal dengan saya kalau mainnya enggak benar atau mati-mati melulu. Tapi lucunya, saya tetap dimarahi juga kalau dia yang lagi salah di lapangan. Pokoknya Cik Butet selalu benar," kenang Owi sambil melempar tawa.
 
"Kedekatan dengan dia juga bukan hanya di dalam lapangan. Soalnya, dia juga suka memberi masukan untuk memulai bisnis ketika sedang tidak bertanding," tambah Owi yang lebih muda dua tahun dari Liliyana.

Baca: Pelatih Khawatirkan Stamina Greysia/Apriyani

Butet tergolong salah satu pebulu tangkis tersukses di Indonesia. Selain bersama Owi, dia juga pernah meraih berbagai prestasi ganda campuran dengan Nova Widianto yang kini menjadi asisten pelatih di Pelatnas PBSI. Menariknya, pencapaian menembus semifinal Indonesia Masters 2019 masih gagal diikuti ganda campuran Tanah Air yang lebih muda.
 
"Pelajaran yang bisa diambil dari dia itu bukan buat saya saja. Sebab, ambisi dan jiwa enggak mau kalahnya itu sangat besar. Kemudian, pola pikirnya juga enggak gampang menyerah. Mungkin itu yang belum dimiliki adik-adiknya (para pebulu tangkis muda Indonesia)," tutup Owi.
 

Video: 267 Pebulutangkis Dunia Siap Bersaing di Indonesia Masters 2019
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif