Pebulu tangkis Bilqis Prasista membuat kejutan di partai pertama penyisihan Grup A Piala Uber 2022 dengan mengalahkan peringkat satu dunia, Akane Yamaguchi dari Jepang di Bangkok, Thailand, Rabu. (Foto: Antaranews/Roy Rosa Bachtiar)
Pebulu tangkis Bilqis Prasista membuat kejutan di partai pertama penyisihan Grup A Piala Uber 2022 dengan mengalahkan peringkat satu dunia, Akane Yamaguchi dari Jepang di Bangkok, Thailand, Rabu. (Foto: Antaranews/Roy Rosa Bachtiar)

3 Fakta Bilqis Prasista: Anak Legenda Bulu Tangkis Hingga Tumbangkan Nomor 1 Dunia

Olahraga Bulu Tangkis Piala Thomas & Uber Tim Uber Indonesia
Patrick Pinaria • 11 Mei 2022 15:27
Jakarta: Tunggal putri Indonesia Bilqis Prasista sedang menjadi sorotan. Keberhasilannya mengalahkan pebulu tangkis nomor satu dunia, Akane Yamaguchi pada laga terakhir penyisihan Grup A Uber Cup 2022, Rabu, 11 Mei 2022 menjadi penyebabnya.
 
Bilqis turun sebagai wakil pertama Indonesia yang bertanding pada laga terakhir penyisihan grup itu. Sedangkan Jepang langsung menurunkan atlet terbaiknya, yakni Yamaguchi di partai pembuka.
 
Namun, nama besar Yamaguchi tak membuat mental Bilqis mengendur. Buktinya, ia secara mengejutkan menang lewat straight game 21-19, 21-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Ini Profil Bilqis Prasista yang Tumbangkan Pebulu Tangkis Nomor Satu Dunia Akane Yamaguchi 
 
"Tidak menyangka bisa menang, soalnya dia peringkat satu dunia. Sangat senang bisa mengalahkan Akane," ujar Bilqis dikutip dari Antara pada Rabu, 11 Mei 2022.
 
Kemenangan Bilqis atas Yamaguchi menghadirkan sejumlah fakta. Berikut ini di antaranya yang dirangkum Medcom.id:

1. Anak legenda bulu tangkis Indonesia

Bilqis Prasista memang lahir dari keluarga pebulu tangkis. Ayah dan ibunya merupakan legenda bulu tangkis, Joko Supriatno dan Zelin Resiana.
 
Joko merupakan pebulu tangkis putra era 1990-an. Sepanjang karier, ia sukses meraih sejumlah gelar bergengsi. Salah satunya, gelar kejuaraan dunia bulu tangkis pada 1993.
 
Sama seperti Joko, ibu Bilqis Zelin juga merupakan atlet bulu tangkis era 1990-an. Ia juga sukses mencapai banyak gelar di turnamen besar. Termasuk Uber Cup pada 1994 dan 1996.

2. Punya saudara kembar

Bilqis Prasista memiliki saudara kembar, yakni Bilqis Pratista. Menariknya, keduanya juga sama-sama berkecimpung di dunia bulu tangkis.
 
Keduanya juga bergabung dengan PB Djarum pada 2018. Namun, karier Bilqis Prasista sedikit lebih menonjol sehingga mampu menembus Pelatnas PBSI.

3. Gabung Pelatnas pada 2020

Karier Bilqis Prasista di Pelatnas PBSI masih terbilang baru. Ia baru bergabung dengan PBSI pada 2020 alias dua tahun lalu.
 
Meski terbilang baru, karier Bilqis di PBSI berkembang cukup pesat. Selama mengikuti pelatnas PBSI, ia sudah meraih gelar juara di beberapa kejuaraan Junior level nasional hingga internasional.
 
Beberapa prestasi Bilqis di level Junior antara lain juara Jakarta Junior International Series (U17) tahun 2019, Juara di Bangladesh Junior International Series 2021, hingga Runner up Denmark Junior. Bilqis juga semakin dikenal saat menjadi bagian tim Indonesia yang memenangkan ajang BATC di Malaysia pada 15-20 Februari 2022 lalu.
 
(PAT)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif