Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Bilqis Prasista. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Bilqis Prasista. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Ini Profil Bilqis Prasista yang Tumbangkan Pebulu Tangkis Nomor Satu Dunia Akane Yamaguchi

Olahraga Bulu Tangkis Piala Thomas & Uber Tim Uber Indonesia
Adri Prima • 11 Mei 2022 14:22
Jakarta: Tunggal putri Indonesia Bilqis Prasista tengah menjadi sorotan usai mengalahkan pebulutangkis nomor satu dunia asal Jepang, Akane Yamaguchi dalam babak penyisihan grup A, Piala Uber 2022, di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Rabu, 11 Januari 2022. 
 
Tidak ada yang menyangka, Bilqis yang menempati peringkat 333 dunia mampu tampil mengejutkan dengan menumbangkan Akane lewat dua set langsung, 21-19 dan 21-19.
 
"Tidak menyangka bisa menang, soalnya dia peringkat satu dunia. Sangat senang bisa mengalahkan Akane," kata Bilqis setelah pertandingan di Impact Arena, Bangkok dikutip Antara.

Profil Bilqis Prasista


Bilqis Prasista lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 24 Mei 2003. Ia merupakan anak dari pasangan legenda bulu tangkis Indonesia, Joko Suprianto dan Zelin Resiana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sehingga wajar saja, darah bulu tangkis juga sangat melekat pada Bilqis yang sejak kecil sudah mendapat dukungan penuh dari kedua orang tuanya untuk berkarier sebagai atlet.
 
Seperti diketahui, Joko Supriyanto merupakan mantan pebulutangkis andalan Indonesia di era 90an. Salah satu prestasi tertingginya, yakni menjadi juara dunia 1993 pada nomor tunggal putra. 
 
Sementara sang ibu, Zelin Resiana juga menjadi bagian dalam tim putri Indonesia yang menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996. 

Mengawali karier di PB Djarum


Bilqis Prasista menempa bakatnya di klub PB Djarum pada tahun 2018 bersama dengan saudara kembarnya, Bilqis Pratista. Namun, Bilqis Prasista sedikit lebih menonjol sehingga ia lebih dulu menembus pelatnas PBSI pada tahun 2020. 
 
Bilqis Prasista kalahkan peringkat satu dunia, Akane Yamaguchi (Foto: Antaranews/Roy Rosa Bachtiar)
 
Sebelum dipromosikan mengisi tim Uber 2022, Bilqis sempat mencuri perhatian dengan raihan gelar juara di beberapa kejuaraan Junior level nasional hingga internasional.
 
Beberapa prestasi Bilqis di level Junior antara lain juara Jakarta Junior International Series (U17) tahun 2019, Juara di Bangladesh Junior International Series 2021, hingga Runner up Denmark Junior. Bilqis juga semakin dikenal saat menjadi bagian tim Indonesia yang memenangkan ajang BATC di Malaysia pada 15-20 Februari 2022 lalu.
 
Sepanjang gelaran Piala Thomas dan Uber 2022 yang masih berlangsung di Thailang, Bilqis juga selalu berhasil menyumbang angka untuk Indonesia.
 
(PRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif