Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Medcom.id/Damar Iradat.
Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Medcom.id/Damar Iradat.

Pemerintah Berupaya Bebaskan Dua WNI dari Kelompok Abu Sayyaf

Nasional wni disandera abu sayyaf
Damar Iradat • 26 Februari 2019 05:07
Jakarta: Pemerintah terus berupaya menyelamatkan dua warga negara Indonesia (WNI) yang disandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina. Koordinasi terus dijalin dengan pemerintah Filipina dan Malaysia.
 
"Ya Menteri Luar Negeri (Retno Marsudi) selalu dalam keadaan seperti ini melakukan koordinasi, ini bukan pertama kali," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 25 Februari 2019.
 
Menurut dia, Indonesia, Filipina, dan Malaysia sudah punya kerja sama yang berkaitan dengan penanganan terrorisme. Termasuk yang dilakukan kelompok Abu Sayaf.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus PDI Perjuangan itu memastikan upaya pembebasan terus dilakukan. Kendati demikian, upaya ini dilakukan dengan senyap.
 
"Info seperti ini tak bisa serta merta dilakukan secara terbuka. Langkah-langkah tertutup yang dilakukan pemerintah Indonesia maupun pemerintah Filipina berkaitan dengan pembebasan sandera yang dilakukan teroris," ujarnya.
 
Dua Warga Negara Indonesia asal Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara disandera oleh kelompok bersenjata Abu Sayyaf pada 5 Desember 2018 lalu di perairan Sandakan, Sabah, Malaysia. Keduanya diketahui bernama Hariadin dan Heri berasal dari Dusun La Bantea, Desa Kalimas, Kecamatan Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.
 
Dari informasi yang diperoleh, penyanderaan terhadap Warga Negara Indonesia oleh Kelompok Bersenjata Abu Sayyaf tersebut sudah yang kesebelas kalinya. Dalam setiap penyanderaan kelompok tersebut selalu meminta tebusan uang. Sejak penyanderaan dilakukan pada 2016 lalu sudah ada 34 sendera yang dibebaskan Pemerintah Indonesia.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif