Jakarta: Spanduk bergambar Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertebaran di warung-warung UMKM. Spanduk itu dinilai sebagai strategi agar Airlangga lebih dikenal masyarakat kecil.
Pengamat Politik dari LIPI Wasisto Raharjo Jati menilai, spanduk Airlangga yang berada dalam berbagai warung UMKM merupakan bagian merespons kritikan yang selama ini narasi Golkar cenderung elitis.
“Secara komunikasi politik, baliho lewat warung UMKM itu bagian dari upaya membangun citra populis dan membumi bagi Airlangga,” kata Wasis saat dihubungi Rabu, 27 Oktober 2021.
Wasis menilai, Airlangga selama ini dikenal sebagai Menko Perekonomian. Namun belum begitu dikenal publik khususnya masyarakat menengah ke bawah.
Oleh sebab itu, Wasis mendorong Airlangga rajin turun menemui masyarakat. Dia menambahkan, baliho Airlangga yang ramai belakangan ini belum efektif menarik perhatian masyarakat.
Baca: Airlangga Hartarto Rangkul Pelaku UMKM di Tangerang
Airlangga perlu sesekali terjun langsung secara pribadi. Karena media luar ruang tidak bisa membangun ikatan emosional antara Airlangga dengan pemilih potensialnya.
Sebanyak 11 ribu pedagang dan usaha kecil dikabarkan telah bergabung dengan Komunitas UMKM usAHA binaan dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Komunitas itu dibentuk untuk pemberdayaan dan pelatihan bagi UMKM.
Sebanyak 1.500 di antaranya ada di Banten. Hal itu juga menjawab bertebarannya spanduk Airlangga di tempat pedagang dan usaha kecil di Banten.
"Jadi, kenapa ada wajahnya Pak Airlangga di spanduk ini, karena Pak Airlangga adalah pembina dari UMKM usAHA. Ini merupakan inisiatif kami, karena Pak Airlangga memiliki kepedulian terhadap masyarakat, salah satunya dengan membina UMKM yang bisa mendorong pemulihan ekonomi di Indonesia. Apalagi ekonomi Indonesia kan lagi terdampak pandemi," kata Hellen, Koordinator UMKM usAHA Kota Tangerang, Minggu, 17 Oktober 2021.
Selain di Banten, Airlangga juga membina 4.111 pelaku UMKM yang tersebar di Jawa Barat. Jumlah tersebut masih akan bertambah lagi karena UMKM usAHA berencana untuk membuat program pelatihan dan program-program lain untuk UMKM. Hal itu diyakini akan membuat komunitasnya menjadi semakin besar.
"Ini yang ingin ikut bergabung makin banyak, dan rencananya akan ada program pelatihan ditambah program-program lain yang bermanfaat untuk UMKM," Koordinator UMKM usAHA Kota Bogor, Uus Mustopa.
Jakarta: Spanduk bergambar Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertebaran di warung-warung UMKM. Spanduk itu dinilai sebagai strategi agar Airlangga lebih dikenal masyarakat kecil.
Pengamat Politik dari LIPI Wasisto Raharjo Jati menilai, spanduk Airlangga yang berada dalam berbagai warung UMKM merupakan bagian merespons kritikan yang selama ini narasi Golkar cenderung elitis.
“Secara komunikasi politik, baliho lewat warung UMKM itu bagian dari upaya membangun citra populis dan membumi bagi Airlangga,” kata Wasis saat dihubungi Rabu, 27 Oktober 2021.
Wasis menilai, Airlangga selama ini dikenal sebagai Menko Perekonomian. Namun belum begitu dikenal publik khususnya masyarakat menengah ke bawah.
Oleh sebab itu, Wasis mendorong Airlangga rajin turun menemui masyarakat. Dia menambahkan, baliho Airlangga yang ramai belakangan ini belum efektif menarik perhatian masyarakat.
Baca: Airlangga Hartarto Rangkul Pelaku UMKM di Tangerang
Airlangga perlu sesekali terjun langsung secara pribadi. Karena media luar ruang tidak bisa membangun ikatan emosional antara Airlangga dengan pemilih potensialnya.
Sebanyak 11 ribu pedagang dan usaha kecil dikabarkan telah bergabung dengan Komunitas UMKM usAHA binaan dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Komunitas itu dibentuk untuk pemberdayaan dan pelatihan bagi UMKM.
Sebanyak 1.500 di antaranya ada di Banten. Hal itu juga menjawab bertebarannya spanduk Airlangga di tempat pedagang dan usaha kecil di Banten.
"Jadi, kenapa ada wajahnya Pak Airlangga di spanduk ini, karena Pak Airlangga adalah pembina dari UMKM usAHA. Ini merupakan inisiatif kami, karena Pak Airlangga memiliki kepedulian terhadap masyarakat, salah satunya dengan membina UMKM yang bisa mendorong pemulihan ekonomi di Indonesia. Apalagi ekonomi Indonesia kan lagi terdampak pandemi," kata Hellen, Koordinator UMKM usAHA Kota Tangerang, Minggu, 17 Oktober 2021.
Selain di Banten, Airlangga juga membina 4.111 pelaku UMKM yang tersebar di Jawa Barat. Jumlah tersebut masih akan bertambah lagi karena UMKM usAHA berencana untuk membuat program pelatihan dan program-program lain untuk UMKM. Hal itu diyakini akan membuat komunitasnya menjadi semakin besar.
"Ini yang ingin ikut bergabung makin banyak, dan rencananya akan ada program pelatihan ditambah program-program lain yang bermanfaat untuk UMKM," Koordinator UMKM usAHA Kota Bogor, Uus Mustopa.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ALB)