Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono. Medcom.id/Fachri Audia Hafiez.
Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono. Medcom.id/Fachri Audia Hafiez.

KNKT Ingin Jadi Badan Independen

Nasional kementerian perhubungan
Nur Azizah • 25 November 2019 14:51
Jakarta: Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) ingin lepas dari 'ketiak' Kementerian Perhubungan. Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono ingin lembaganya independen dan berubah menjadi badan keselamatan nasional.
 
Sorjanto mengatakan KNKT saat ini hanya bertanggung jawab menginvestigasi kecelakaan transportasi. Perubahan itu memungkinkan KNKT mengivestigasi kecelakaan di sektor lain.
 
"(Jika menjadi independen) KNKT juga akan membantu melakukan beberapa investigasi kecelakaan konstruksi dan industri," kata Soerjanto dalam rapat di Komisi V DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Senin, 25 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selama menginvestigasi kecelakaan, KNKT tak pernah menyalahkan, tak pernah mengadili, dan tak pernah berpihak. KNKT fokus membongkar penyebab kecelakaan. Soerjanto yakin prinsip ini dibutuhkan mencari tahu penyebab kecelakaan di sektor konstruksi dan industri.
 
Konsep badan keselamatan nasional ini sudah diterapkan beberapa negara. Ia mencontohkanDutch Safety Board di Belanda. Badan Keamanan Belanda itu menginvestigasi kecelakaan di tiga sektor tersebut.
 
"Ini yang kami usulkan, KNKT kalau bisa jadi badan keselamatan nasional. Semoga dapat didalami," jelas dia.
 
Ketua Komisi V Lasarus menanggapi positif usulan KNKT. Hanya saja perubahan itu tak bisa dilakukan dalam waktu dekat.
 
"Kalau dia berubah badan, ini perlu kita ikat dengan UU. Silakan saja nanti usulkan, kami dari Komisi 5 sudah membuat prolegnas untuk program priotas 2019-2024," ujar dia.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif