Parpol Diimbau Daftarkan Bakal Caleg
Pilkada. Ilustrasi: Medcom.id.
Jakarta: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengimbau seluruh partai politik (parpol) Pemilu 2019 untuk mendaftarkan bakal calon legislatif (caleg). Pasalnya, hingga hari keenam pembukaan pendaftaran, nama-nama calon belum ada yang disetor.

"Sampai hari ini, pagi, belum ada parpol serahkan daftar calonnya," kata Arief di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 9 Juli 2018. 

Menurut dia, calon perlu segera didaftarkan untuk mempermudah parpol jika ada kesalahan. Bila mendaftarkan pada hari terakhir, parpol tak punya waktu untuk merevisi.


"Kalau sekarang, jika ada apa-apa masih bisa diperbaiki kembali. Lebih cepat lebih baik," jelas Arief.

Baca: Realistis Cegah Depresi Politik

Sementara itu, ia menyebut KPU memiliki help desk untuk parpol yang ingin berkonsultasi jika mengalami kendala. KPU, kata dia, siap membantu dalam pengisian sistem pencalonan (silon). 

"Ada partai-partai yang aktif memang sudah mengisi silon. Ada yang sudah sampai 480 calon sudah dimasukkan (silon). Pengisiannya sudah sampai 80 dapil (daerah pemilihan) gitu ya. Tapi, ada juga partai yang baru memasukkan dua nama calonnya. Baru terdaftar di dua dapil," jelas dia. 



(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id