Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Pemerintah Diminta Percepat Pencairan Anggaran Pemilu

Anggi Tondi Martaon • 03 Agustus 2022 11:33
Jakarta: Pemerintah diminta mempercepat pencairan anggaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sebab, sejumlah tahapan pesta demokrasi sudah dan akan dilakukan tahun ini.
 
"Untuk dapat menyelenggarakan berbagai tahapan pemilu, KPU tentu sangat membutuhkan dukungan anggaran yang memadai," kata anggota Komisi II DPR Guspardi Gaus melalui keterangan tertulis, Rabu, 3 Agustus 2022.
 
Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyampaikan pagu anggaran KPU tahun ini sebesar Rp8,06 triliun. Namun, uang yang baru dicairkan sekitar Rp3,6 triliun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Berarti masih terjadi kekurangan anggaran sebesar Rp4,4 triliun yang belum dicairkan oleh pemerintah," kata dia.
 
Sedangkan sejumlah tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai pada tahun ini. Yakni, pendaftaran partai politik, verifikasi administrasi dan faktual, hingga penetapan peserta pemilu yang akan diumumkan pada 14 Desember 2022.
 

Baca: KPU Berharap Anggaran Renovasi Kantor Disetujui Kemenkeu


Dia meminta pemerintah mempercepat realiasi kekurangan anggaran yang dibutuhkan KPU. Pencairan anggaran harus disegerakan demi kelancaran tahapan pemilu dan program yang telah dirancang KPU.
 
Di sisi lain, KPU diminta mengoptimalkan anggaran yang sudah ada. Sehingga, pelaksanaan berbagai tahapan yang tengah berjalan bisa dilakukan dengan maksimal.
 
"Sambil menunggu kekurangan anggaran bisa di cairkan oleh pemerintah," ujar dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif