Anggota Komisi IX Luqman Hakim. Dok. Istimewa
Anggota Komisi IX Luqman Hakim. Dok. Istimewa

Pemerintah Diminta Bergerak Cepat Merespons Hepatitis Akut

Nasional penyakit menular DPR RI Hepatitis Akut
Anggi Tondi Martaon • 04 Mei 2022 17:34
Jakarta: Temuan hepatitis akut menjadi sorotan dunia. Pemerintah diminta bekerja cepat merespons penyakit tersebut.
 
"Saya meminta pemerintah bekerja cermat, cepat, dan tepat," kata anggota Komisi IX Luqman Hakim saat dihubungi, Rabu, 4 Mei 2022.
 
Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyarankan eksekutif menggandeng ahli hepatitis. Sehingga, mitigasi yang tepat bisa segera ditemukan dalam waktu dekat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Komunikasi dengan institusi-institusi kesehatan dunia juga penting dilakukan," ungkap eks Wakil Ketua Komisi II itu.
 
Luqman meminta pemerintah tidak menyepelekan temuan hepatitis akut tersebut. Jangan sampai pengalaman covid-19 terulang.
 
"Kita belajar dari respons pemerintah terhadap pandemi covid-19 yang pada masa awal sempat diremehkan dan menjadi bahan candaan beberapa menteri. Tentu hal seperti itu tidak boleh diulangi lagi," sebut dia.
 
Selain itu, masyarakat diminta tidak panik dan percaya kepada pemerintah. Hal tersebut dinilai sangat dibutuhkan dalam menghadapi permasalahan wabah penyakit ini.
 
"Ketenangan dan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah, menjadi modal penting bagi pemerintah bersama para peneliti penyakit untuk dapat bekerja dengan tenang dan mendalam untuk mengenali jenis penyakit ini beserta cara mencegah dan mengobatinya," sebut dia.
 
Baca: Dinkes Jabar Minta Kantor Kesehatan Pelabuhan Antisipasi Penyebaran Hepatitis Akut
 
Dia memastikan permasalahan hepatitis akut akan menjadi sorotan Komisi IX. Apalagi, jika penyakit tersebut sudah merebak di Indonesia.
 
"Ke depan, bila kasus ini menunjukkan gejala perkembangan meluas, tentu DPR akan membahasnya lebih lanjut dengan pemerintah," ujar dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif