Ilustrasi
Ilustrasi

PDIP Sumsel: Penetapan Harun Masiku Keputusan Pusat

Nasional OTT KPK
Gonti Hadi Wibowo • 11 Januari 2020 07:37
Palembang: Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDIP Sumatra Selatan Giri Ramanda Kiemas membenarkan Harun Masiku merupakan Calon Legislatif (Caleg) dari PDIP.
 
Harun Masiku maju dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumsel 1 yang meliputi Palembang, Musi Banyuasin, Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, dan Lubuklinggau.
 
“Dia (Harun Masiku) memang maju Pileg dari PDIP. Tetapi sekarang sudah tidak aktif lagi disini,” kata Giri, Jumat, 10 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Giri mengatakan pencalonan Harun Masiku sebagai Caleg dari Dapil Sumsel 1 merupakan keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP pusat bukan dari DPD Sumsel.
 
Termasuk juga di dalam persoalan pergantian Riezky Amalia ke Harun Masiku. Giri bilang itu semua bukan keputusan pengurus daerah melainkan pengurus pusat.
 
“Kami hanya menjalankan fungsi partai saja di daerah yakni mengawal suara sedangkan keputusannya itu semua berada di pusat,” jelas dia.
 
Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan calon anggota legislatif PDIP Harun Masiku sebagai tersangka pemberi suap ke Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. Namun, keberadaan Harun hingga kini masih buron.
 
"KPK meminta tersangka HAR (Harun Masiku) segera menyerahkan diri ke KPK," kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli di Gedung KPK Jakarta Selatan, Kamis, 9 Januari 2020.
 
Lili juga meminta pihak lain yang berkaitan dengan kasus dugaan suap ini kooperatif. KPK bakal membuka terang kasus suap terkait proses pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR periode 2019—2024 ini.
 
"Pada pihak lain yang terkait dengan perkara ini agar bersikap kooperatif," ucap Lili.
 
Dalam kasus ini, KPK menetapkan empat tersangka. Mereka yakni Komisioner KPU Wahyu Setiawan; eks anggota Bawaslu sekaligus orang kepercayaan Wahyu, Agustiani Tio Fridelina, Harun Masiku dan orang diduga suruhan Harun, Saeful.
 

(SCI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif