Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. MI/Arya Manggala
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. MI/Arya Manggala

Muhammadiyah Minta Peran MPR Diperjelas

Nasional gbhn
Ilham Pratama Putra • 17 Agustus 2019 00:31
Jakarta: Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir meminta pemerintah memperjelas peran Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Menurutnya hal itu harus dilakukan sebelum menghidupkan kembali Garis Besar Haluan Negara (GBHN).
 
"Ketika ingin menghidupkan GBHN wadahnya ini yang di MPR posisinya seperti apa. Terlebih MPR sebagai Lembaga tertinggi negara yang sudah mengalami perubahan setelah amandemen ke 4," kata Haedar di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Jumat 16 Agustus 2019.
 
Menurut Haedar, saat ini peran MPR telah mengalami penurunan peran. Baik secara fungsi maupun perwakilan keanggotaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau dulu anggota MPR itu kan wakil politik, wakil daerah, dan utusan golongan, sekarang tinggal Parpol dan DPD, DPD pun masih minta eksistensi," kata Haedar.
 
Haedar meminta pihak-pihak yang mengusulkan penghidupan kembali GBHN agar mendiskusikan secara matang posisi MPR dengan keanggotaannya. Hal itu dilakukan agar peran MPR dapat maksimal dan selaras dengan GBHN.
 
"Nah kalau seperti itu nanti MPR sebagai lembaga tertinggi negara yang punya empat fungsi, ditambah merumuskan GBHN, minus memilih Presiden dan Wapres, semuanya kan tergantung konsensus," ujarnya.
 
Selain itu, Haedar menyebut masih terdapat perbedaan pemahaman terkait substansi GBHN. Menurutnya ada pihak yang mengidentikan GBHN dengan pembangunan jangka panjang.
 
"Nah garis besar haluan negara itu seperti apa, mestinya merupakan elaborasi lebih terurai dari prinsip dasar yang ada di pembukaan UUD, jadi disitu kan ada tugas pemerintahan negara, cita-cita nasional, kemudian juga lima dasar Pancasila," ujar Haedar.
 
PDI Perjuangan getol menyuarakan amendemen terbatas UUD 1945. Salah satu tujuannya menghidupkan kembali GBHN. Usulan ini menjadi salah satu keputusan sidang paripurna VI dalam Kongres V PDIP di Bali pada Sabtu, 10 Agustus 2019
 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif