Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Sejumlah Legislator Disuntik Vaksin Nusantara Hari Ini

Nasional Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 Satu Tahun Covid-19 Vaksin untuk Indonesia
Fachri Audhia Hafiez • 14 April 2021 09:12
Jakarta: Sejumlah anggota Komisi IX DPR rencananya disuntik Vaksin Nusantara hari ini, 14 April 2021. Vaksinasi dilakukan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. 
 
"Rencananya jam 10 pagi," ujar Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena, kepada Medcom.id, Rabu, 14 April 2021.
 
Melki tak mengungkap jumlah dan siapa saja legislator yang berpartisipasi dalam imunisasi itu. Menurut dia, pihak yang disuntik akan diketahui saat pendaftaran di lokasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semua aktif mendaftar dan kelihatan pas di lokasi," ucap dia.
 
Pengembangan Vaksin Nusantara belum memperoleh restu Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Karena, beberapa syarat belum terpenuhi, yakni Good Clinical Practical, Proof of Concept, Good Laboratory Practice, dan Good Manufacturing Practice.
 
Baca: Produksi Vaksin Merah Putih Diprediksi Desember 2021
 
Kepala BPOM Penny Lukito menyebut proses uji klinis Vaksin Nusantara tidak mengikuti kaidah klinis. Salah satu kaidah klinis yang tak diikuti ialah lokasi penelitian.
 
Terdapat perbedaan tempat penelitian dengan pihak yang sebelumnya mengajukan diri sebagai komite etik. Padahal, BPOM telah membuat aturan terkait proses pembuatan vaksin, tak terkecuali pada vaksin yang gagasan eks Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto itu.

Vaksin untuk Indonesia

Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 

 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif