Ilustrasi DPR. Medcom.id
Ilustrasi DPR. Medcom.id

RUU PPRT dan Masyarakat Adat Diminta Segera Ditindaklanjuti

Nasional masyarakat adat ruu dpr DPR RI
Anggi Tondi Martaon • 24 November 2020 19:57
Jakarta: Sejumlah fraksi meminta DPR segera menindaklanjuti pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT) dan Masyarakat Hukum Adat. Aturan itu sudah melalui tahap harmonisasi di Badan Legislasi (Baleg).
 
"Saya pikir ini (RUU PPRT dan Masyarakat Hukum Adat) sebetulnya tinggal selangkah lagi," kata anggota Baleg Ledia Hanifa di Gedung Nusantara I Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 24 November 2020.
 
Menurut dia, kedua RUU itu tinggal disampaikan dalam rapat paripurna. Jika proses itu sudah dilalui, kedua RUU tersebut bisa ditetapkan sebagai inisiatif DPR.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mempertanyakan alasan kedua RUU itu belum dibawa ke paripurna. Dia meminta DPR segera melanjutkan pembahasan kedua RUU ini.
 
"Saya pikir ini juga meringankan tugas kita kalau itu sudah masuk pembahasan tingkat 1," ujar dia.
 
Baca: Daftar Prolegnas Prioritas 2021 Dirombak
 
Hal senada disampaikan anggota Baleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) Zainuddin Maliki. Dia menyebut pembahasan RUU PPRT jalan di tempat selama 16 tahun.
 
"Kami berharap pimpinan bisa mendorong proses pembahasan RUU PPRT ini untuk kita selesaikan menjadi UU," kata Zainuddin.
 
Fraksi yang menyuarakan keinginan serupa, yakni Partai NasDem. Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) Fraksi Partai NasDem Taufik Basari menilai pembahasan RUU PPRT dan Masyarakat Hukum Adat sudah memenuhi persyaratan.
 
"Menurut saya dari segi urgensi ini sangat memenuhi. Jadi tinggal kita lakukan pembahasan di tingkat satu saja," ujar Taufik.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif