Menpan RB Tjahjo Kumolo/Medcom.id/Cindy
Menpan RB Tjahjo Kumolo/Medcom.id/Cindy

Penerimaan CPNS 2021 Diprioritaskan untuk Guru dan Tenaga Kesehatan

Nasional pendaftaran cpns seleksi cpns CPNS
Anggi Tondi Martaon • 19 November 2020 19:30
Jakarta: Pemerintah membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021. Penerimaan diprioritaskan untuk guru, tenaga kesehatan, dan teknis.
 
"Pemerintah memberikan prioritas untuk pemunuhan tenaga guru, kesehatan, dan teknis untuk mendukung program pembangunan nasional," kata Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan) Tjahjo Kumolo dalam rapat kerja (raker) bersama Komisi II di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 19 November 2020.
 
Tjahjo mengatakan sebanyak satu juta orang dicari untuk posisi guru. Jumlah ini merupakan kesepakatan antara Kemenpan RB bersama Kementerian Dalam Negeri, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian Keuangan, serta Kementerian Pendidikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Anggaran juga sudah dipersiapkan oleh Menkeu (Sri Mulyani)," ungkap dia.
 
Tenaga kesehatan juga menjadi prioritas penerimaan CPNS 2021. Namun, dia tidak menyebutkan jumlah formasi untuk tenaga kesehatan ini.
 
Namun, dia menegaskan kebutuhan tenaga medis sangat mendesak. Pasalnya, keberadaan mereka sangat terbatas di tengah pandemi covid-19.
 
"Kebutuhan guru, perawat, bidan, dan dokter baik di puskemas pembantu atau rumah sakit rujukan sangat kurang sekali," sebut dia.
 
Baca: Menpan: Formasi CPNS yang Kosong Bisa Dialihkan ke 2021
 
Mantan Menteri Dalam Negeri itu menyebutkan kebijakan kebutuhan ASN pada 2021 dibuat melalui surat Menpan: B/584/M.SM.01.00/2020. Surat tersebut berisikan peniadaan pengadaan ASN 2020 yang diakumulasikan pada 2021.
 
"Mudah-mudahan anggaran tercukupi," ujar dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif