Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla

Erick Thohir Wajibkan Ahok Mundur dari Partai

Nasional Pergantian Direksi BUMN
Damar Iradat • 22 November 2019 17:54
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mewajibkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mundur dari anggota PDI Perjuangan setelah resmi jadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Pejabat perusahaan pelat merah tidak boleh aktif di politik.
 
"Semua komisaris di BUMN, apalagi direksi harus mundur dari partai. Itu sudah clear," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 22 November 2019.
 
Erick mengaku sudah membicarakan masalah ini dengan semua pihak yang diajukan sebagai komisaris. Sebab, independensi sangat dibutuhkan di BUMN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tentu independensi dari BUMN sangat dipentingkan dan Insyaallah, orang-orang yang punya itikad baik pasti semua tahu risiko bagaimana mengabdi untuk negara," lanjutnya.
 
Ahok bisa langsung bertugas sebagai komut Pertamina dalam waktu dekat ini. Pasalnya, Pertamina bukan perusahaan terbuka. "Bisa segera proses, bisa hari ini atau Senin," pungkasnya.
 
Erick sebelumnya memastikan Ahok akan menempati posisi komisaris utama Pertamina. Ahok akan dibantu Wakil Menteri Budi Gunadi Sadikin sebagai Wakil Komisaris.
 
"Iya, Pak Basuki menjadi komisaris utama Pertamina dibantu Wamen Pak Sadikin," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 22 November 2019.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif