Komunikolog Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing dalam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Misteri Tragedi Lapas Tangerang,' Minggu, 12 September 2021. Dok. Tangkapan Layar
Komunikolog Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing dalam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Misteri Tragedi Lapas Tangerang,' Minggu, 12 September 2021. Dok. Tangkapan Layar

Kondisi Lapas Menjadi Persoalan Negara

Nasional kebakaran Kemenkumham Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) DPR RI Crosscheck Lapas Klas 1 Tangerang Terbakar
Theofilus Ifan Sucipto • 12 September 2021 13:06
Jakarta: Komunikolog Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menyebut kondisi lembaga pemasyarakatan (lapas) menjadi persoalan bersama. Kasus kebakaran di Lapas Klas I Tangerang tak bisa menyalahkan satu pihak.
 
"Tidak sekadar boleh kita limpahkan kepada Menteri (Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly), Direktur Jenderal (Pemasyarakatan Kemenkumham Reinhard Silitonga), atau orang di situ (lapas)," kata Emrus dalam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Misteri Tragedi Lapas Tangerang,' Minggu, 12 September 2021.
 
Emrus mengatakan bangunan lapas di Indonesia tidak banyak berubah dari dulu. DPR dan pemerintah juga kerap meninjau kondisi lapas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ketika berkunjung kenapa tidak mengambil langkah-langkah supaya diubah?" ujar dia.
 
Emrus menyayangkan 44 korban jiwa akibat kebakaran di Lapas Klas I Tangerang. Mereka disebut sebagai korban lemahnya komunikasi antara legislatif dan pemerintah.
 
Baca: Komnas HAM: Bangunan Lapas Klas I Tangerang Tidak Manusiawi
 
Emrus mengatakan 50 persen penghuni lapas adalah narapidana narkotika. DPR dan pemerintah perlu menyoroti data tersebut.
 
"Harusnya teman-teman DPR dan menteri mengeluarkan undang-undang, misalnya mereka bekerja sosial dan tidak harus ke lapas," papar dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif