Moeldoko Tanggapi Santai Kritikan Sandi
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Medcom.id/Dheri Agriesta
Jakarta: Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menanggapi santai sindiran calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno terhadap program dana kelurahan. Mantan Jenderal TNI itu menyebut kritik dan sindiran itu wajar dikeluarkan pasangan calon.

"Ya namanya juga tahun politik, semuanya menjadi konsumsi politik," kata Moeldoko di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin, 22 Oktober 2018.

Ia mengatakan wacana program dana kelurahan berdasarkan aspirasi dari kepala derah. Moeldoko menyebut sementara ini bentuk dana kelurahan hampir menyerupai dana pimpinan.


"Jadi para kepala daerah (bilang), Pak kami mengelola dana desa tapi kami tidak punya dana untuk administrasi kami, bagaimana mengelola desa. Dasarnya seperti," jelas Moeldoko.

Moeldoko membantah dana kelurahan dikeluarkan sebagai sogokan meningkatkan elektabilitas pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Toh, kepastian dana ini belum diputuskan.

"Ini sebuah wacana yang bergulir terus direspons," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan rencana pemerintah yang akan segera mengeluarkan program dana kelurahan pada 2019. Mengutip keterangan Biro Pers Kepresidenan, kebijakan tersebut diterbitkan menanggapi banyaknya keluhan dari masyarakat terkait dana untuk tingkat kelurahan.

"Mulai tahun depan, perlu saya sampaikan, terutama untuk kota, akan ada yang namanya anggaran kelurahan. Banyak keluhan, Pak ada dana desa, kok enggak ada dana untuk kota. Ya sudah tahun depan dapat," tutur Presiden Jokowi di acara Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDesKel) Tahun 2018, Jumat, 19 Oktober 2018.



(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id