Empat Tahun Jokowi-JK

Nawacita Membangun dari Pinggiran Berhasil Diwujudkan

Muhammad Al Hasan 19 Oktober 2018 04:28 WIB
kabinet jokowi-jk
Nawacita Membangun dari Pinggiran Berhasil Diwujudkan
Sosiolog Universitas Gajah Mada Arie Sujito. Medcom.id/ Ahmad Mustaqim.
Jakarta: Sosiolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Arie Sujito memuji kinerja Jokowi-JK empat tahun terakhir. Pemerintah dinilai berhasil mewujudkan salah satu narasi besar Nawacita melalui ekonomi masyarakat pinggiran.

"Pandangan membangun Indonesia dari pinggiran, kerangka Nawacita pada saat itu, terkonfirmasi dengan adanya UU Desa secara masif dan pemanfaatan dana desa yang menggerakan ekonomi kerakyatan," kata Arie dalam diskusi di Bakoel Koffie, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 18 Oktober 2018.

Arie menilai capaian-capaian pemerintah itu dapat dilihat di wilayah seperti Sumatera, Kalimantan dan Papua. Kebijakan Jokowi membuat ekonomi lokal pada level pinggiran  bergerak.


"Ketika desentralisasi resources dari pusat ke daerah dan itu menjadi kabar penting untuk kita ketahui kontrak demokrasi politik itu berkorelasi, positif pada perubahan pemerintah. Arus balik ekonomi yang ditandai dengan inovasi lokal itu berlangsung secara massif," tutur Arie.

Arie menyebut ini merupakan catatan penting bagi pemerintah hari ini dan ke depannya. Langkah yang dilakukan menunjukkan fakta ekonomi sumber daya lokal telah dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Ia pun menyinggung soal BUMDes dan program-program yang bisa menggerakan sumber-sumber pertanian mulai menunjukan taring. Selain itu program Jokowi berhasil menggeser pendekatan PNPM yang bertumpu pada haluan utang dengan pendekatan yang lebih baik.

" Digeser dengan pendekatan yang lebih memperkuat ekonomi lokal di mana APBN digenjot untuk memperkuat desa," jelas dia.




(SCI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id