Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik/Istimewa
Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik/Istimewa

Kemendagri Minta Pemda Selesaikan Penyederhanaan Birokrasi Tepat Waktu

Candra Yuri Nuralam • 31 Desember 2021 22:00
Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta seluruh pemerintah daerah (pemda) menyelesaikan penyederhanaan birokrasi tepat waktu. Penyederhanaan birokrasi mesti rampung hari ini, 31 Desember 2021.
 
"Kami mengingatkan kembali, mari kita laksanakan arahan Bapak Presiden (Joko Widodo) untuk melakukan penyederhanaan birokrasi Pemda sesuai ketentuan dan jadwal yang telah ditetapkan," kata Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik melalui keterangan tertulis, Jumat, 31 Desember 2021
 
Baca: Kemendagri Ingatkan Daerah Segera Lantik Pejabat Fungsional

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Akmal mengatakan penyederhanaan birokrasi tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 17 Tahun 2021. Seluruh birokrasi pemda di Indonesia harus sudah disederhanakan pada awal 2022.
 
Akmal mengatakan sudah ada 99,80 persen atau 142.829 jabatan pemda yang sudah disederhanakan sampai Kamis, 30 Desember 2021. Lalu, sebanyak 65,79 persen atau 94.156 jabatan sudah disetarakan oleh seluruh pemda di Indonesia.
 
Hingga kini, pemerintah pusat tidak memberikan tambahan waktu untuk penyederhanaan birokrasi. Namun, Kemendagri tengah mengusahakan waktu tambahan untuk pemda yang belum kelar menyederhanakan birokrasinya.
 
"Seluruh daerah agar menyiapkan pelantikan jabatan fungsional hasil penyederhanaan birokrasi Pemda. Kami segera menyampaikan pertimbangan dan persetujuan tersebut dengan memanfaatkan media teknologi informasi," ujar Akmal.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif