Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala
Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala

Antisipasi Kemacetan, Pemerintah Diminta Perhatikan Pasar Kaget di Jalur Mudik

Nasional Mudik Lebaran Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022
Arga sumantri • 24 April 2022 06:54
Jakarta: Ketua Fraksi Partai NasDem Roberth Rouw mengatakan potensi kemacetan dalam mudik Lebaran 2022 cukup besar karena antusiasme masyarakat untuk pulang ke kampung halaman sangat tinggi. Segala hal yang dapat menimbulkan kemacetan perlu diantisipasi, salah satunya pasar kaget atau pasar tumpah di jalur mudik.
 
"Diprediksi ada 85 juta pemudik. Kan tidak semuanya menggunakan jalur tol, justru banyak yang menggunakan jalan non tol. Nah, biasanya banyak pasar kaget," ungkap Roberth dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 24 April 2022.
 
Ia mengatakan pasar kaget atau pasar tumpah ini kerap menjadi biang kerok berbagai kemacetan lalu lintas yang ada di jalur mudik lebaran. Pemerintah diharapkan bisa mengantisipasi kemacetan di daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena biasanya muncul pasar kaget atau pasar tumpah. Harus dijaga karena setiap mudik lebaran, ini (pasar kaget) yang membuat kemacetan," terang dia.
 
Baca: 21 Ribu Pemudik Berangkat dari Pelabuhan Merak
 
Roberth menambahkan petugas PUPR, Dinas Perhubungan maupun Korlantas Polri harus menyiapkan langkah antisipasitif. Jangan sampai terjadi kemacetan panjang akibat pasar tumpah ini. 
 
Sedangkan, untuk mudik di jalur tol, Wakil Ketua Komisi V DPR itu mengingatkan agar para petugas di lapangan benar-benar sigap melihat situasi dan kondisi yang ada.  Jika ada tanda-tanda trafik kendaraaan mulai padat atau kemacetan maka perlu dilakukan berbagai skema antisipasi. Misalnya, dengan memberlakukan one way atau contraflow di jalur tol. 
 
Dia yakin dengan berbagai kebijakan yang diberlakukan akan mengurangi kemacetan yang ada. Apalagi, pembangunan infrastruktur jalan tol sudah sangat bagus dan baik. 
 
"Potensi kemacetan setidaknya bisa berkurang karena infrastruktur sudah baik. Bisa mengurangi kemacetan dan kecelakaan bisa ditekan," ungkap dia.
 
Politikus dari daerah pemilihan Papua ini berpesan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan ketika mudik. Belakangan, ia menilai penerapan protokol kesehatan mulai kendur.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif