Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Tender Pengadaan Gorden Rumdin DPR Hanya Formalitas, Diduga Ada Kongkalikong

Nasional DPR RI gorden Rumah Dinas Anggota DPR Pengadaan Gorden Rumah Dinas DPR
Kautsar Widya Prabowo • 12 Mei 2022 18:34
Jakarta: Forum Masyrakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) menilai tender pengadaan gorden rumah dinas (rumdin) anggota DPR hanya formalitas. Pemenang tender diduga sudah ditentukan sejak awal, yakni PT Bertiga Mitra Solusi.
 
"Rangkaian proses dan tahapan tender sejak pendaftaran hingga seleksi akhir seolah-olah hanya pengantar untuk kemenangan PT Bertiga Mitra Solusi. Terbatasnya peserta yang bersaing memperebutkan proyek pengadaan gorden membuat PT Bertiga Mitra Solusi terpilih jadi pemenang," ujar peneliti senior Formappi bidang Pengawasan M Djadijono dalam konferensi pers secara daring, Kamis, 12 Mei 2022.
 
Dia menjelaskan ada dua perusahaan yang sempat mengajukan penawaran dengan harga lebih murah. Tawaran itu seharusnya bisa menjadi pertimbangan dalam setiap tender untuk ditetapkan sebagai pemenang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tetapi, kata dia, yang terjadi dalam tender pengadaan gorden rumah dinas anggota DPR sebaliknya. Keraguan atas kualitas proses tender semakin diperkuat pascapengumuman pemenang muncul temuan mengenai profil pemenang tender, PT Bertiga Mitra Solusi.
 
"Dalam profilnya PT Bertiga Mitra Solusi diketahui merupakan perusahaan dengan kualifikasi di biang IT," tutur dia.
 
Baca: KPK Didesak Selidiki Dugaan Penyimpangan Tender Gorden Rudin Anggota DPR
 
Kejanggalan ini tentu semakin menguatkan kecurigaan atas kualitas pelaksanaan tender. Dia menduga ada kongkalikong dalam tender pengadaan gorden tersebut.
 
"Dengan kata lain peluang terjadinya kongkalikong untuk mencari keuntungan dari anggaran pengadaan gorden bisa saja dijelaskan melalui sejumlah kejanggalan sepanjang tahapan tender yang digawangi Kesekjenan DPR," beber dia.
 
Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar menjelaskan pada tahapan pembukaan penawaran 21 Maret 2022, dari 49 perusahaan yang mengikuti tender, hanya tiga perusahaan yang memasukkan penawaran. Perusahaan tersebut ialah PT Sultan Sukses Mandiri, PT Panderman Jaya, dan PT Bertiga Mitra Solusi.
 
Perusahaan yang memasukkan penawaran ikut tender pengadaan gorden rumah dinas anggota DPR adalah PT Sultan Sukses Mandiri dengan harga penawaran Rp37.794.795.705,00 atau di bawah harga perkiraan sendiri (HPS) 10,33 persen, PT Panderman Jaya dengan harga penawaran Rp42.149.350.236,00 atau di bawah HPS 7,91 persen, dan PT Bertiga Mitra Solusi dengan harga penawaran Rp43.577.559.594,23 atau di bawah HPS 4,78 persen.
 
"Pada tahapan evaluasi administrasi, dua surat penawaran memenuhi persyaratan sesuai dengan dokumen lelang yang telah ditetapkan, yakni PT Sultan Sukses Mandiri dan PT Bertiga Mitra Solusi dinyatakan lulus. Sementara PT Panderman Jaya dinyatakan tidak lulus," ungkap Indra dalam keternagan tertulis, Jakarta, Selasa, 10 Mei 2022.
 
Setelah dilakukan klarifikasi administrasi, teknis, dan harga terhadap PT Sultan Sukses Mandiri dan PT Bertiga Mitra Solusi pada 1 April 2022, diperoleh hasil bahwa PT Sultan Sukses Mandiri dinyatakan tidak lengkap karena tidak melampirkan pengalaman 50 persen nilai dari HPS dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Sementara itu, PT Bertiga Mitra Solusi dinyatakan lengkap.
 
"Setelah dilakukan pembuktian kualifikasi pada tanggal 4 April 2022, sesuai dengan berita acara klarifikasi dokumen penawaran bahwa penyedia PT Bertiga Mitra Solusi dinyatakan lulus. Lalu, pada tanggal 5 April 2022 pukul 08.00 WIB, panitia melakukan penetapan dan pengumuman pemenang," tutur dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif