Presiden Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin. Foto: MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin. Foto: MI/Ramdani

Tanggapi Berbagai Survei, Pemerintah Berupaya Penuhi Ekspektasi Publik

Nasional Jokowi pemerintah survei demokrasi maruf amin
Antara • 28 April 2022 04:20
Jakarta: Kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin masih cukup tinggi berdasarkan berbagai hasil survei. Capaian tersebut tidak membuat pemerintah puas karena masih banyak target yang harus dicapai sampai 2024.
 
Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini mengatakan, memasuki periode kedua, Presiden Jokowi masih memegang penuh kendali pemerintahan. Di dalam tubuh pemerintahan, kepercayaan diri dari setiap pejabat negara sangat tinggi untuk mencapai berbagai target yang hendak diselesaikan. 
 
"Di waktu-waktu ke depan, kami akan berupaya menjawab ekspektasi publik yang ditunjukkan di dalam survei dengan bekerja jauh lebih keras," kata Faldo merespons berbagai hasil survei, Rabu, 27 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyampaikan pemerintah bersyukur dan berterima kasih terus mendapat kepercayaan dari semua pihak. Faldo memastikan pemerintahan Jokowi terus berjalan ke arah yang tepat untuk kepentingan rakyat.
 
Menurut Faldo, penurunan kepuasan publik merupakan sebuah proses yang alamiah di dalam demokrasi. "Setiap pihak, media, dan organisasi masyarakat memiliki kebebasan untuk menyampaikan pandangannya masing-masing, termasuk pandangan kritis terhadap kinerja pemerintah," ujarnya.
 
Baca: Jubir Tanggapi Penurunan Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Wapres
 
Hasil survei Populi Center pada Maret menyebutkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi sebesar 62,4%. Angka tersebut meningkat dibandingkan hasil survei Oktober 2021. Saat itu, Populi mencatat kepuasan masyarakat terhadap pemerintah sebesar 60,7%.
 
Masyarakat menilai pemerintah berhasil menangani pandemi covid-19. Temuan lain dari survei ini, masyarakat menyatakan tidak sepakat dengan wacana perpanjangan masa jabatan presiden dari dua periode menjadi tiga periode.
 
Sedangkan hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi 59,9%. Secara umum, mayoritas responden menilai kondisi ekonomi dan politik nasional saat ini cukup baik.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif