Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Foto: Whisnu Mardiansyah/Medcom.id
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Foto: Whisnu Mardiansyah/Medcom.id

Istana Kepresidenan di Papua Cermin Kehadiran Negara

Nasional Menuju Papua Damai
Arga sumantri • 10 September 2019 20:19
Jakarta: Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mendukung rencana Presiden Joko Widodo membangun Istana Kepresidenan di Papua. Wacana itu dinilai dapat memberikan pesan kehadiran negara di Bumi Cenderawasih.
 
"Dibukanya Istana di Papua itu ya, menurut saya itu kehadiran simbolik yang baik sekali, yang bagus sekali," kata Fahri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 10 September 2019.
 
Dia mengeklaim sudah lama mengusulkan wacana tersebut. Malah, dia mengaku lebih setuju bila ibu kota dipindahkan ke Papua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wacana membangun Istana Kepresidenan di Papua belum terlambat. Terlebih, Jokowi baru akan memulai pemerintahan periode kedua.
 
"Kalau bisa ini lebih cepat sehingga beliau akan lebih sering ke sana. Paling tidak dia bagi tugas dengan Wapres," ujarnya.
 
Fahri juga mendukung wacana pemekaran Papua. Wilayah Papua dinilai terlalu besar dan perlu dimekarkan.
 
"Sehingga pengelolaan masyarakat itu jauh lebih intensif, paling tidak enam provinsi dan beberapa kabupaten kota harus dihidupkan segera," ungkapnya.
 
Jokowi berjanji pemerintah akan membangun Istana Kepresidenan di Jayapura, Papua, mulai tahun depan. Hal tersebut disampaikan Presiden saat menerima 61 tokoh Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 10 September 2019.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif