Suasana jumpa pers di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Jalan Medan Merdeka Barat 15, Jakarta Pusat. Foto: Fachri Audhia Hafiez/Medcom.id
Suasana jumpa pers di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Jalan Medan Merdeka Barat 15, Jakarta Pusat. Foto: Fachri Audhia Hafiez/Medcom.id

Pemerintah Batasi Fitur Media Sosial

Nasional media sosial
Fachri Audhia Hafiez • 22 Mei 2019 15:09
Jakarta: Pemerintah membatasi sejumlah fitur dalam media sosial. Pembatasan itu guna mencegah penyebaran informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.
 
"Pembatasan dilakukan terhadap fitur-fitur di platform media sosial," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara saat jumpa pers di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Jalan Medan Merdeka Barat 15, Jakarta Pusat, Rabu, 22 Mei 2019.
 
Rudiantara mengatakan pembatasan dilakukan untuk media sosial berbasis messaging system. Ada pun pembatasan meliputi file foto dan video.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita tahu modusnya adalah posting di media sosial, Facebook, Instagram, dalam bentuk video, meme, foto, screen capture," ujar Rudi.
 
Pembatasan ini bertujuan meminimalisasi gambar atau video yang sengaja disebar untuk menciptakan kegaduhan. Gambar dan video itu, lanjut Rudi, lebih viral di messaging system.
 
"Karena viralnya yang negatif, besar mudaratnya ada di sana," ucap Rudi.
 
Rudi meminta masyarakat memahami kondisi pembatasan ini. Kebijakan ini hanya sementara hingga waktu yang belum ditentukan.
 
Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto meminta dukungan serta peran masyarakat dalam kebijakan ini. Dengan tidak percaya dan tidak menyebarkan hoaks, telah turut mengamankan negara.
 
"Kami sampaikan agar masyarakat bisa dapat informasi yang utuh. Jangan sampai ada adu domba di bulan suci ramadan ini" kata Wiranto.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif