Aplikasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Diyakini Mencegah Persekusi

27 November 2018 23:58 WIB
aliran sesat
Aplikasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Diyakini Mencegah Persekusi
Politikus NasDem Irma Suryani Chaniago. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Jakarta: Politikus NasDem Irma Suryani Chaniago, mendukung keberadaan aplikasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem). Aplikasi ini dinilai bisa meminimalisasi tindakan persekusi terhadap kelompok yang diduga berbeda aliran kepercayaan.

"Bukannya dengan cara melaporkan ke pihak yang berwajib justru untuk meminimalisasi persekusi atau main hakim sendiri?" kata Irma seperti dilansir Antara, Selasa, 27 November 2018. 

Irma mengatakan, menjaga persatuan dan kesatuan bukan pekerjaan mudah. Sistem demokrasi yang dianut saat ini, kata dia, memerlukan etika dan moral yang kuat guna menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


"Demokrasi tanpa etika dan moral sangat berbahaya bagi keutuhan NKRI. Saya kira aplikasi ini baik dan bermanfaat," ucap Juru Bicara Tim Kampanye nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin itu.

Pakem merupakan aplikasi yang diluncurkan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Aplikasi ini dilengkapi fitur diantaranya fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), aliran keagamaan, aliran kepercayaan, ormas, informasi, dan laporan pengaduan. Aplikasi bisa menjadi wadah pelaporan jika merasa ada kelompok masyarakat yang memiliki aliran kepercayaan yang menyimpang. 

Keberadaan aplikasi ini bukan tanpa penolakan. Yayasan Lembaga Bimbingan Hukum Indonesia (YLBHI) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tegas menolak keberadaan aplikasi ini. Dua lembaga ini menilai aplikasi berpotensi memicu konflik dan potensial memunculkan tindakan persekusi di masyarakat.



(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id