Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate - Medcom.id/Arga Sumantri
Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate - Medcom.id/Arga Sumantri

NasDem Dukung Menteri Jokowi dari Milenial

Nasional kabinet
Arga sumantri • 14 Mei 2019 16:37
Jakarta: Kabinet Kerja jilid II pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin diwacanakan diisi kalangan muda atau generasi milenial. Partai NasDem mendukung wacana tersebut.
 
"Kami pun tertarik dan dukung untuk para menteri yang muda, yang segar, yang punya perspektif Indonesia masa depan yang energik, itu tentu dengan dukungan proses politik," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) NasDem Johnny G. Plate di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 14 Mei 2019.
 
NasDem, kata Johnny, sudah menyiapkan kader mudanya jika diminta mengisi salah satu posisi menteri. Namun, NasDem tetap menghormati hak prerogatif Jokowi memilih menteri untuk pemerintahan periode kedua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami punya kader muda, kader perempuan, (tapi) kami NasDem menghormati hak prerogatif presiden dan diserahkan ke Pak Presiden," ujarnya.
 
Jokowi akan mempertimbangkan banyak hal dalam memilih calon pembantunya di pemerintahan. Misalnya, pertimbangan kompetensi dan rekam jejak tokoh-tokoh yang menjadi kandidat menteri.
 
"Kompetensi membangun kabinet dalam suatu koordinasi yang baik tidak sendiri-sendiri tidak bisa berkoordinasi dengan baik," ujarnya.
 
Johnny mengatakan anggota kabinet juga harus yang memahami betul visi misi dan irama kerja Jokowi. Gerak pemerintahan bakal lebih menyatu dan solid.
 
"Pak Jokowi juga memperhatikan soliditas koalisi, supaya koalisi ini tetap solid karena kita inginkan presidensial sistem kita yang efektif," ungkapnya.
 
Menurut Johnny, Jokowi juga mempertimbangkan regenerasi politik dalam memilih menteri. Pertimbangan ini yang diyakini memunculkan wacana kabinet Jokowi di periode kedua diisi kalangan milenial.
 
"Nah yang namanya generasi muda ini kategorinya apa, nanti biar presiden yang membuka begitu ya," ujarnya.
 
Johnny mengamini kalangan milenial menjadi bahasan saat pertemuan Jokowi dengan Tim Kampanye Nasional (TKN) di kawasan Menteng, beberapa waktu lalu. Namun, menurut Johnny, belum ada keputusan spesifik soal menteri dari kalangan milenial.
 
"Saat di Heritage (kawasan Menteng) itu diskusi, generasi muda itu masuk (kabinet) akan bagus juga. Dan mereka punya kompetensi era mereka. Semuanya berpandangan. Kami Sekjen-sekjen berpandangan begitu," ujarnya.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif