Pengamat Politik, Pertahanan, dan Keamanan Universitas Padjajaran (Unpad) Muradi?. ANT/Reno Esnir.
Pengamat Politik, Pertahanan, dan Keamanan Universitas Padjajaran (Unpad) Muradi?. ANT/Reno Esnir.

Kekuatan Militer Indonesia Terus Membaik

Nasional pertahanan
Dian Ihsan Siregar • 16 Januari 2019 07:50
Jakarta: Pengamat Politik, Pertahanan, dan Keamanan Universitas Padjajaran (Unpad) Muradi‎ meyakini kekuatan perang Indonesia ‎bisa mengalahkan Malaysia dan Singapura di masa mendatang. Pemerintah terus memperbarui alat utama sistem pertahanan (alutsista) sejak 2014.
 
"Kalau sekarang sudah tahap lebih, ke depan kita bisa mengalahkan Malaysia dan Singapura dalam hal militer dan alutsista," kata Muradi kepada Medcom.id, Selasa, 15 Januari 2019.
 
Ia mencontohkan pembelian 1.000 tank dari Turki yang dilakukan pemerintah. Pemerintah tak cuma peduli terhadap alutsista, tapi juga peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) TNI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka TNI punya SDM baik, mereka sangat pintar dalam menjaga keamanan negara ini di wilayah perbatasan," jelas dia.
 
Muradi menyebut pemerintah juga membangun daerah perbatasan di Natuna, Papua, Kalimantan, dan NTT. Pembangunan daerah perbatasan itu demi pertahanan Indonesia.
 
Indonesia juga tak main-main menjaga wilayah udaranya. Dalam dua bulan, TNI Angkatan Udara telah menyetop lima pesawat asing yang tak memiliki izin terbang di wilayah udara Indonesia.
 
"Dua bulan sudah menyetop 5 pesawat asing. Belum lagi di kapal laut. Saya kira, pemerintah kita sudah mulai berbenah yah. Saya yakin, semua tingkat keamanan dan alutsista akan lebih baik hingga 2024," pungkas Muradi.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif