Seruan Hijrah Jokowi Dianggap Bermakna Universal

Faisal Abdalla 05 November 2018 12:29 WIB
jokowi
Seruan Hijrah Jokowi Dianggap Bermakna Universal
Direktur Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya. Foto: Medcom.id/Deny Irwanto.
Jakarta: Direktur Lembaga Survei Charta Politika, Yunarto Wijaya, menilai ajakan hijrah yang diungkapkan Presiden Jokowi punya makna kuat. Ajakan hijrah ini dianggap sebagai cara Jokowi melawan sentiman anti-Islam yang kerap disematkan kepadanya.

"Saya pikir ajakan ini merupakan positioning dari Jokowi bahwa dia bagian dari umat dengan mengambil kata-kata yang cukup akrab di telinga umat, yaitu hijrah," kata Yunarto ketika dihubungi Medcom.id, Senin, 5 November 2018.

Ajakan hijrah ini, lanjut Yunarto, juga bentuk perlawanan Jokowi terhadap tudingan anti-Islam. Jokowi ingin menunjukkan keakraban dirinya dengan umat.


Yunarto melihat sejatinya hijrah Jokowi memiliki makna lebih universal. Ajakan Jokowi terkait hijrah dari politik kebencian ke politik kebenaran, politik pecah belah ke politik persatuan merupakan seruan kepada semua kalangan, bukan hanya kalangan pemilih Islam.

"Jadi seruan ini punya dua fungsi yang bermakna positif. Pertama positioning di hadapan umat Islam; kedua, menjadi semacam kalimat motivasi yang bisa diterima semua segmen juga. Kalimat ini punya makna marketing yang sangat kuat," tuturnya.



Lebih lanjut, Yunarto menilai ajakan hijrah ini merupakan strategi kampanye Jokowi yang patut diapresiasi. "Pernyataan ini merupakan nilai baru yang ditawarkan Jokowi. Hal-hal seperti ini yang seharusnya lebih sering dikeluarkan dalam pidato-pidato dibandingkan hanya termakan aksi reaksi yang dipancing lawan politik," tandasnya.

Presiden Jokowi sebelumnya mengajak masyarakat untuk berhijrah. Hal itu perlu dilakukan untuk menjaga persatuan, kesatuan, dan persaudaraan antarmasyarakat.

Diksi hijrah yang dimaksud Jokowi adalah mengajak masyarakat untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Termasuk berhijrah dari politik kebohongan menjadi politik kebenaran.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id