Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi Cari Wakil Menteri ESDM

Andhika Prasetyo • 22 November 2021 17:06
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum menemukan sosok yang tepat untuk menduduki posisi Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Posisi itu terakhir kali diduduki Archanda Tahar pada 20 Oktober 2019.
 
Kepastian tersebut muncul setelah Kepala Negara menandatangani Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2021, pada 25 Oktober 2021. Kendati beleidnya sudah ditetapkan, pihak istana belum mendapatkan sosok yang tepat.
 
"Masih belum," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dilansir dari Media Indonesia, Jakarta, Senin, 22 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan Pasal 2 Perpres 97/2021, disebutkan bahwa wakil menteri ESDM ditunjuk, diangkat, dan diberhentikan oleh presiden.
 
Baca: Jokowi Ingin Pertamina dan PLN Lapor Bila Butuh Dukungan Politis
 
“Menteri dapat dibantu oleh wakil menteri sesuai dengan penunjukan Presiden. Wakil menteri diangkat dan diberhentikan oleh Presiden. Wakil menteri dapat berada di bawah dan bertanggung jawab kepada menteri,” bunyi pasal 2.
 
Wakil menteri mempunyai tugas membantu menteri dalam memimpin pelaksanaan tugas di kementerian. Tugas wakil menteri membantu menteri dalam perumusan dan/atau pelaksanaan kebijakan Kementerian ESDM.
 
Wakil menteri juga ditugaskan mengoordinasikan pencapaian kebijakan strategis lintas unit dan organisasi jabatan pimpinan tinggi madya atau eselon I di lingkungan Kementerian ESDM.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif