Anggota Bawaslu Lolly Suhenty. Dok. Bawaslu
Anggota Bawaslu Lolly Suhenty. Dok. Bawaslu

Memaksimalkan Pengawasan, Bawaslu Terus Menyempurnakan Siwaslu

Anggi Tondi Martaon • 22 Mei 2022 16:59
Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memiliki Sistem Pengawasan Pemilihan Umum (Siwaslu) sebagai bentuk penerapan teknologi informasi. Penyempurnaan sistem tersebut bakal terus dilakukan menjelang penyelenggaraan Pemilu 2024.
 
"Pengembangan Siwaslu menjadi penting untuk dilakukan," kata anggota Bawaslu Lolly Suhenty dalam diskusi virtual, Minggu, 22 Mei 2022.
 
Eks anggota Bawaslu Jawa Barat (Jabar) itu mengeklaim Siwaslu dibutuhkan pada setiap tahapan. Seperti mempermudah pengawasan saat proses pemungutan dan rapat pleno pemungutan suara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini adalah sistem pengawasan pemilu berkaitan dengan laporan cepat jajaran pengawas pemilu untuk bisa mengambil data utama di TPS (tempat pemungutan suara)," ungkap dia.
 
Baca: Catatan Bawaslu Terkait Penggunaan Sistem Informasi pada Pemilu 2024
 
Selain itu, Siwaslu digunakan pada tahapan sengketa hasil pemilihan di Mahkamah Konstitusi (MK). Data Siwaslu digunakan sebagai pembanding bagi MK dalam memutus perkara.
 
"Hasil Siwaslu dalam proses sengketa pemilu itu di MK menjadi data pembanding sehingga data Siwaslu data yang dilihat, dibaca, dan didengar oleh hakim saat persidangan sengketa pemilu," sebut dia.
 
Lolly menyebut penyempurnaan Siwaslu berfokus pada percepatan pengiriman data dan jaringan. Sehingga, teknologi tersebut bisa memaksimalkan pengawasan penyelenggaraan pesta demokrasi.
 
"Masih banyak titik Siwaslu ini masih dilakukan perbaikan," ujar dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif