Kapal bermuatan etnis Rohingya yang terombang-ambing di perairan Bireuen, Aceh. Foto: Istimewa
Kapal bermuatan etnis Rohingya yang terombang-ambing di perairan Bireuen, Aceh. Foto: Istimewa

Mahfud MD Tegaskan Pengungsi Rohingya di Indonesia Hanya Sementara

Nasional mahfud md imigran gelap rohingya
Tri Subarkah • 30 Desember 2021 19:03
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan pengungsi Rohingya di Indonesia hanya sementara. Sebab, Indonesia tidak meratifikasi The Convention Relating to the Status of Refugees 1951.
 
"Karena PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) sudah bentuk UNHCR (Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi), ya untuk mengatur itu (pengungsi)," kata Mahfud di Jakarta, Kamis, 30 Desember 2021.
 
Pemerintah tidak menutup mata soal keberadaan pengungsi Rohingya. Menurut Mahfud, para pengungsi ada yang nekat ingin melompat dari kapal di lautan. Bahkan, ada yang tidak ingin dikembalikan ke Myanmar dan lebih memilih mati.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tapi kita punya rasa kemanusiaan juga. Akhirnya kita tampung. Sementara tapi nampungnya. Kita hanya menolong. Kita punya Satgas di situ," ucap dia.
 
Baca: Pemerintah Indonesia Bersedia Tampung Pengungsi Rohingya yang Terombang-ambing di Perairan Bireun
 
Sebanyak 72 pengungsi Rohingya terdampar di atas kapal di peraian Bireun, Aceh, sejak Minggu, 26 Desember 2021. Amnesti Internasional Indonesia meminta agar pihak berwenang menolong para pengungsi tersebut.
 
Direktur Amnesti Internasional Indonesia Usman Hamid berharap pemerintah menerima kedatangan para pengungsi untuk sementara waktu. Terlebih, Indonesia telah memiliki preseden baik terkait penerimaan gelombang pengungsi Rohingya sebelumnya.
 
"Itu perlu diulang kembali. Di sisi lain, tak ada alasan bagi negara-negara tetangga untuk membiarkan Indonesia bergerak sendiri dalam menangani kapal Rohingya," ujar Usman.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif