Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Ramdani

Presiden Bahas Peningkatan Komitmen dengan Mendag AS

Nasional Amerika Serikat - Indonesia
Damar Iradat • 06 November 2019 19:02
Jakarta: Menteri Perdagangan Amerika Serikat Wilbur Ross menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 6 November 2019. Kunjungan ini merupakan upaya peningkatan hubungan bilateral dengan Indonesia.
 
"Khususnya di bidang ekonomi atau lebih spesifiknya tentunya untuk bidang trade dan investasi," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 6 November 2019.
 
Selain membahas komitmen, Wilbur juga membahas kemitraan dalam mengimplementasikan outlook Indo-Pasifik. Pasalnya, ada beberapa kerja sama bidang infrastrutur antara Indonesia dan AS dalam outlook itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi, kata Retno, juga menyampaikan prioritas pembangunan lima tahun ke depan. Di antaranya infrastruktur dan pengembangan SDM. Pemerintah mencari peluang kerja sama dengan Amerika.
 
"Dan Presiden berharap bahwa AS akan menjadi salah satu dari partner Indonesia di dalam mengembangkan kerja sama baik di bidang infrastrktur maupun di bidang pengembangan SDM," ungkap dia.
 
Pemerintah juga berharap perdagangan antara AS dan Indonesia senilai USD30 miliar bisa meningkat dalam lima tahun ke depan. Jokowi dan Wilbur juga membahas soal pemberian fasilitas Generalized System Preferences (GSP).
 
"Mungkin awal Desember kita akan mengirim tim untuk bernegosiasi menyelesaikan. Dari apa yang disampaikan oleh Secretary Ross kita optimis bahwa isu yang terkait masalah GSP ini akan selesai dengan baik dengan win-win," pungkasnya.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif