Wakil Ketua Fraksi NasDem di DPR Willy Aditya. Medcom.id/Arga Sumantri
Wakil Ketua Fraksi NasDem di DPR Willy Aditya. Medcom.id/Arga Sumantri

Semua Kalangan Dipersilakan Ikut Konvensi Capres NasDem

Nasional Partai NasDem pemilihan presiden pilpres
Anggi Tondi Martaon • 12 November 2020 14:20
Jakarta: Partai NasDem bakal menggelar Konvensi Calon Presiden (Capres) 2024. Konvensi bisa diikuti seluruh pihak dari berbagai latar belakang.
 
"Mau kiai, mau ulama, mau habaib, milenial, pengusaha, PNS, TNI, Polri. Semua kita terima," kata Wakil Ketua Fraksi NasDem di DPR Willy Aditya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 12 November 2020.
 
Willy menyebut NasDem tidak memandang peserta konvensi tokoh senior atau junior dalam kancah politik Indonesia. NasDem hanya mematok syarat umur di atas 40 tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) itu menyebut batasan umur mengacu Pasal 169 huruf q Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu). Usia 40 tahun dianggap matang menjadi presiden dan wakil presiden.
 
(Baca: Tiga Kriteria Peserta Konvensi Capres Partai NasDem)
 
"Itu (umur 40 tahun) tetap menjadi patokan yang tidak bisa kita tabrak," ujar dia.
 
NasDem juga membuka pintu bagi peserta dari partai politik lain. Kader partai politik yang memiliki kompetensi bisa mencoba peruntungan melalui NasDem.
 
"Mungkin kader partai lain tidak terakomodasi oleh partainya tapi memiliki basis kepemimpinan, basis elektoral," sebut dia.
 
Anggota Komisi I DPR itu menyebut pihaknya membuka kesempatan pada seluruh pihak lantaran NasDem berkomitmen menjadi partai publik. Sehingga, NasDem bisa menjadi fasilitator siapa pun yang memiliki komitmen membangun bangsa Indonesia lebih baik.
 
"Partisipasi publik untuk kemudian menjadi partai terbuka dan menjadi sumber rekrutmen untuk calon kepemimpinan nasional," ujar Willy.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif