Desain Istana Kepresidenan di Ibu Kota Baru. Foto: Instagram Nyoman Nuarta.
Desain Istana Kepresidenan di Ibu Kota Baru. Foto: Instagram Nyoman Nuarta.

Tim Transisi Persiapan Pembangunan IKN Segera Dibentuk

Nasional pemindahan ibukota Ibu Kota Baru IKN Nusantara Ibu Kota Negara (IKN)
Indriyani Astuti • 22 April 2022 13:14
Jakarta: Tim transisi untuk mendukung kelancaran dan percepatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dibentuk dalam waktu dekat. Tim terdiri dari unsur kementerian dan lembaga maupun para profesional non aparatur sipil negara (ASN) sesuai kebutuhan.
 
"Tim Transisi rencananya akan dibentuk untuk mendukung kelancaran dan percepatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara, di mana pengawalan dan peran aktif seluruh kementerian dan lembaga perlu dilakukan," ujar Ketua Tim Komunikasi IKN Sidik Pramono ketika dihubungi, Jumat, 22 April 2022.
 
Tugas tim transisi, kata Sidik, bersifat sementara hingga struktur Organisasi Otorita IKN lengkap. Penyelenggaraan pemerintahan IKN baru akan berjalan setelah presiden menetapkan pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke IKN Nusantara yang berlokasi di Kabupaten Penajam Panser Utara dan Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dukungan Tim Transisi hanya sampai pada saatnya nanti manakala Otorita IKN sudah melengkapi struktur organisasi dan siap beroperasi sebagaimana perintah Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN," kata Sidik.
 
Menurut dia, Otorita IKN baru mulai beroperasi paling lambat akhir 2022. Sidik menjelaskan dibutuhkan waktu untuk melengkapi organisasi tersebut.
 
Mulai dari pengisian ASN hingga transisi dari kementerian dan lembaga. Struktur Organisasi Otorita IKN diatur dalam Peraturan Presiden yang saat ini tengah diselesaikan.
 
"Jika Otorita IKN sudah beroperasi, pelaksanaan pembangunan dapat dilakukan kementerian dan lembaga dikoordinasikan dengan Otorita Nusantara mengacu pada rencana induk," kata Sidik.
 
Baca: BMKG Perkuat Sistem Peringatan Dini Gempa Bumi di IKN Nusantara
 
Dia menjelaskan langkah pertama yang dilakukan Otorita adalah melakukan koordinasi antarkementerian dan lembaga. Selain itu, konsolidasi, komunikasi, dan kolaborasi untuk mewujudkan IKN.
 
"Kita tidak akan melupakan publik sebagai stakeholder (pemangku kepentingan) utama, masyarakat, investor. Kolaborasi menjadi tantangan karena IKN tidak bisa diwujudkan tanpa bekerja sama," ucapnya.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif