Ilustrasi lalu lintas di tol. Jasa Marga
Ilustrasi lalu lintas di tol. Jasa Marga

Disiplin Nasional Harus Ditingkatkan untuk Keselamatan Transportasi

Lukman Diah Sari • 23 Mei 2022 16:03
Jakarta: Faktor keselamatan di sektor transportasi harus terus ditingkatkan lewat pengawasan yang ketat terhadap sejumlah persyaratan perjalanan. Hal itu untuk mendorong peningkatkan disiplin masyarakat. 
 
"Keselamatan transportasi harus menjadi perhatian kita bersama, mengingat transportasi banyak berkaitan dengan sektor-sektor ekonomi lainnya," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulis, Senin, 23 Mei 2022.
 
Berdasarkan data kepolisian, 2.945 kasus kecelakaan lalu lintas terjadi selama arus mudik Lebaran 2022. Kecelakaan terjadi di jalan tol dan non-tol.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, PT Jasa Raharja (Persero) mencatat selama mudik Lebaran 2022, periode 25 April-2 Mei 2022, 441 orang meninggal karena kecelakaan. Kemudian 3.194 orang luka-luka. 
 
Baca: Waskita Karya Ditunjuk Revitalisasi Halte TransJakarta
 
"Sejumlah kecelakaan itu terjadi selain karena faktor kendaraan yang tidak layak juga terkait kelalaian manusia," ungkap Rerie, sapaan akrabnya.
 
Menurut dia, sejumlah catatan mengenai keselamatan transportasi harus menjadi perhatian serius dari para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah. Dengan begitu, permasalahan ini bisa segera diatasi.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif