Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dok. Medcom.id
Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dok. Medcom.id

KPU Bakal Gunakan 8 Aplikasi Pendukung untuk Pemilu 2024

Yakub Pryatama Wijayaatmaja • 23 Mei 2022 11:37
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menggunakan aplikasi atau sarana pendukung (IT) dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Total, ada delapan sistem yang akan digunakan KPU.
 
Kedelapan sistem yang akan digunakan pada Pemilu 2024, antara lain sistem informasi partai politik (Sipol), sistem data pemilih (Sidalih), sistem informasi pencalonan (Silon), dan sistem rekapitulasi elektronik (Sirekap). Kemudian, sistem informasi daerah pemilihan (Sidapil), sistem informasi logistik (Silog), sistem informasi dana kampanye (Sidakam), serta sistem informasi anggota KPU dan badan adhoc (Siakba).
 
"Sidalih merupakan sistem yang membantu kami dan badan adhoc dalam mengelola tahapan pemutakhiran data pemilih," kata anggota KPU Idham Holik kepada Media Indonesia, Senin, 23 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, kata Idham, Sipol akan mendukung pengelolaan tahapan pendaftaran verifikasi dan penetapan parpol peseta pemilu. Sedangkan, Sidapil akan membantu KPU dalam mengelola dan menyusun Dapil DPRD Kabupaten atau Kota beserta jumlah alokasi kursinya berdasarkan tujuh prinsip penataan dapil menggunakan peta digital.
 
"Untuk informasi pencalonan, kita menggunakan Silon yang berfungsi untuk mengelola tahapan pencalonan DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, Kota, kepala daerah, hingga presiden dan wakil presiden," kata dia.
 
Baca: Partai Lain Sibuk Deklarasi Koalisi, NasDem Pilih Membereskan PR
 
Lalu, aplikasi Silog bakal membantuk badan adhoc dan KPU dalam manajemen pengelolaan logistik kebutuhan pemilu. Sedangkan, Sidakam khusus dalam pengelolaan dana kampanye dan jadwal kampanye parpol beserta peserta pemilu.
 
Selanjutnya, Sirekap mendukung dalam pengelolaan tahapan rekapitulasi hasil penghitungan suara. Terakhir, Siakba akan menghadirkan informasi anggota KPU dan badan adhoc yang membantu KPU dalam pengelolaan data anggotanya.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif