Ketua DPR Bambang Soesatyo. ANT/Wahyu Putro.
Ketua DPR Bambang Soesatyo. ANT/Wahyu Putro.

Bamsoet Sebut Pemidanaan LGBT tak Melanggar HAM

Nasional kontroversi lgbt
Arga sumantri • 23 Januari 2018 13:12
Jakarta: Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai rencana pemidanaan lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) tak akan melanggar hak asasi manusia (HAM). Karena, DPR memegang batas dalam menerapkan aturan hukum terhadap LGBT dalam rancangan KUHP yang baru.
 
"Sejauh itu ranah privat tidak dipertontonkan (tidak masalah). Kalau sudah ke publik harus dihukum, harus ada pasal yang memidanakan," kata Bamsoet di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Januari 2018.
 
Bamsoet mengatakan, wacana pemidanaan pelaku LGBT dalam rancangan KUHP merupakan bentuk ketegasan negara. Sebab, perilaku itu dinilai menyimpang dan tak sesuai dengan norma yang berlaku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bamsoet yakin langkah ini akan mendapat dukungan dari Komisi Perlindungan Hak Asasi Manusia (Komnas Ham). Politikus Partai Golkar ini menilai hampir seluruh elemen masyarakat menentang hubungan sesama jenis.
 
"Indonesia mayoritas muslim, beragama, saya yakin muslim, kristiani, budha akan menentang," ucap dia. 
 
DPR tengah menggodok rancangan KUHP. Salah satu poin yang akan direvisi terkait pasal perzinahan yang akan diperluas objeknya kepada perilaku menyimpamg kaum penyuka sesama jenis atau LGBT.
 
Isu LGBT ini jadi sorotan usai Ketua MPR Zulkifli Hasan menyebut ada lima fraksi yang menyetujui perilaku LGBT. Namun, Zulkifli enggan menyebutkan asal fraksi tersebut.

 
(DRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif