ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Tudingan Bali Sumber Penyebaran PMK di Australia Tak Berdasar

Whisnu Mardiansyah • 15 Agustus 2022 19:35
Jakarta: Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi mengecam pernyataan Senator Australia Pauline Hanson yang menyebut Bali sumber dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Pernyataan Pauline itu, mencoreng hubungan baik kedua negara Indonesia dan Australia. 
 
"Dari pernyataan ini, cuma ada dua kemungkinan, Senatornya yang bodoh sehingga bicara dengan data yang tidak akurat, atau memang Australia mau mem-framing bahwa selain di bandara dan di salah satu toko daging ditemukan ada virus PMK, di tempat lain, Australia bersih dari virus," tegas Teddy di Jakarta, Senin, 15 Agustus 2022.
 
Teddy mencurigai justru virus PMK sudah menyebar di Australia mengingat negara dengan populasi ternak sapi yang tidak sedikit. Sehingga, Senator tersebut menyalahkan Bali seolah-olah virus PMK berasal dari sana.
 
Baca: Update, 1,41 Juta Sapi Telah Disuntik Vaksin PMK

"Demi melindungi bisnis sapi dari kerugian yang sangat besar, maka mereka mencari kambing hitam dengan menyalahkan Bali seolah-olah yang menyebabkan ditemukan virus PMK di 2 tempat di Australia berasal dari Bali," jelas Teddy.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Teddy menambahkan semestinya Australia beruntung Indonesia menjadi mitra dagang ekspor ternak sapi mereka. Bukan jsutru menuding Indonesia sebagai penyebar PMK.
 
"Tapi saya yakin, Senator australia tidak sebodoh itu, membuat statement tanpa data, bisa jadi memang ada yang ingin mereka tutupi," ujar Teddy.
 
Nama Pauline Hanson, seorang senator Australia dari Queensland viral dalam beberapa hari terakhir, karena rekaman videonya yang menyinggung Bali sebagai daerah berisiko PMK diyakini tidak akurat. 
 
Hanson, dalam video yang diunggah di akun YouTube pribadinya pada 5 Agustus 2022 menyebut kotoran sapi berceceran di jalanan Bali, karena sapi dibiarkan berkeliaran. 
 
Kemudian, warga Australia, yang merupakan salah satu kelompok wisatawan terbesar di Bali, menginjak kotoran itu dan membawa risiko penyakit PMK masuk ke Australia. Hanson, dalam video yang sama, menilai Bali sebagai ancaman serius penularan PMK di Australia. 
 
Dalam video itu juga, Hanson keliru menyebut Bali sebagai negara, mengingat Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia.

 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif