Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Elektabilitas Disebut Melorot, PAN Tidak Baper

Nasional pemilu partai politik politik PAN Partai Amanat Nasional
Anggi Tondi Martaon • 03 April 2021 05:00
Jakarta: Elektabilitas Partai Amanat Nasional (PAN) rendah di sejumlah hasil survei. Namun, partai berlambang matahari terbit itu menanggapinya dengan santai.
 
"PAN tidak kaget, tidak panik, dan juga tidak baper (bawa perasaan) dengan hasil survei itu," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Viva Yoga Mauladi kepada Medcom.id, Jumat, 2 April 2021.
 
PAN percaya diri karena hasil survei selalu bertolak belakang dengan hasil pemilu. PAN kerap diprediksi mendapat elektabilitas di bawah ambang batas Parlemen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, kata dia, hal itu tak terbukti. Di Pemilu 2004, PAN memperoleh 6,44 persen suara nasional, Pemilu 2009 6,01 persen, Pemilu 2014 7,59 persen, dan Pemilu 2019 6,84 persen.
 
"Kenyataannya hasil perolehan suara PAN di pemilu ternyata berbeda 500 persen dengan hasil survei," ungkap dia. 
 
Baca: Survei: Tanpa Jokowi, Dukungan Mengalir ke Ganjar Hingga Prabowo
 
Selain itu, dia menyebutkan PAN membuat survei internal. Jajak pendapat internal tersebut berbeda dengan rilis dari beberapa lembaga survei.
 
Dia pun heran dengan hasil survei tersebut. Hal itu bahkan pernah ditanyakan langsung kepada lembaga penyelenggara survei.
 
"Tetapi mereka tidak dapat memberi penjelasan secara saintifik dan ilmiah," sebut dia.
 
Meskipun begitu, hasil survei menjadi evaluasi bagi PAN. Salah satunya untuk menyusun rencana strategis pemenangan Pemilu 2024.
 
Elektabilitas PAN pada beberapa hasil survei cukup rendah. Teranyar, survei dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menempatkan PAN dengan elektabilitas 2,5 persen.

 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif