Ilustrasi pegawai negeri sipil. MI/Ramdani
Ilustrasi pegawai negeri sipil. MI/Ramdani

Larangan Dinas Luar Kota ASN Dicabut

Nasional Virus Korona ASN New Normal
Indriyani Astuti • 14 Juli 2020 08:18
Jakarta: Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai diizinkan ke luar daerah dengan memenuhi beberapa persyaratan tertentu. Salah satunya untuk keperluan dinas luar kota.
 
Menteri Penyadayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengeluarkan Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 64/2020 tentang Kegiatan Perjalanan Dinas Bagi Pegawai Aparatur Sipil Negara Dalam Tatanan Normal Baru.
 
Dalam SE tersebut, diatur beberapa persyaratan bagi ASN yang akan melakukan tugas perjalanan dinas. Antara lain memperhatikan status penyebaran covid-19 di daerah tujuan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"ASN juga diharuskan memiliki Surat Tugas yang ditandatangani pejabat setingkat Eselon II atau Kepala Kantor," demikian bunyi surat tersebut seperti dikutip dari siaran pers Kementerian PAN-RB di Jakarta, Senin, 13 Juli 2020.
 
Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) diminta untuk memastikan agar penugasan dan penerbitan surat tugas perjalanan dinas kepada ASN dilakukan secara selektif, akuntabel, serta penuh kehati-hatian. Penugasan harus disesuaikan dengan tingkat urgensi.
 
Peraturan dan kebijakan pemerintah daerah asal dan tujuan perjalanan dinas juga harus menjadi perhatian. Kriteria dan persyaratan perjalanan mengacu pada SE Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 9/2020 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dari Kementerian Kesehatan.
 
PPK juga diminta untuk memastikan ASN mematuhi SE Menteri PANRB tersebut.
 
"Apabila terdapat ASN yang melanggar, maka ASN akan diberikan hukuman disiplin sesuai Peraturan Pemerintah No. 53/2010 tentang Disiplin PNS dan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja," tegas SE Menteri PAN-RB tersebut.
 
Baca: Jokowi Larang ASN dan TNI-Polri Mudik
 
Kehadiran SE Menteri PAN-RB ini mencabut SE Nomor 46/2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah atau Kegiatan Mudik dan Cuti Bersama Bagi ASN Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 yang diubah dengan SE Menteri PAN-RB 55/2020.
 

(SUR)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif