Komnas HAM Apresiasi Cara Polri Menaklukkan Teroris
Personel kepolisian melakukan pengamanan menjelang pemindahan napi teroris yang terlibat kerusuhan di Mako Brimob, di dermaga penyeberangan Wijayapura, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (10/5). Antara
Jakarta: Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengapresiasi langkah Polri yang mengupayakan pendekatan humanis dalam menangani insiden kerusuhan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Cara Polri itu dinilai luar biasa.

"Komnas HAM menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas kinerja Polri yang luar biasa dapat mengendalikan situasi dengan menggunakan pendekatan humanis serta pendekatan lunak (soft approach), sehingga tidak ada korban jiwa dalam proses pembebasan sandera," ujar Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik melaui keterangan tertulis, Kamis, 10 Mei 2018. 

Menurut dia, Polri mengedepankan pendekatan itu lantaran mempertimbangkan adanya tahanan perempuan dan anak. Dengan penuh kesabaran, kata dia, proses penanggualangan pembebasan sandera berlangsung dengan baik selama kurang lebih 40 jam. 


"Perubahan pendekatan Polri yang lebih humanis dalam penindakan terorisme tersebut tidak terlepas dari adanya keinginan Polri untuk terus berbenah," ucap dia.

Baca: Narapidana Teroris Ditempatkan One Man One Cell di Nusakambangan

Ahmad menyampaikan keprihatinan dan belasungkawa yang mendalam kepada jajaran Korps Bhayangkara. Ada lima anggota Polri yang gugur serta empat anggota lainnya mengalami luka dalam insiden ini. Ia pun mengutuk keras pembunuhan yang dilakukan kepada anggota polisi oleh para narapidana teroris itu. 

Tindakan para narapidana teroris itu bertentangan dengan jaminan hak asasi manusia, yang mana hak hidup adalah hak yang tidak dapat dikurangi dalam keadaan apapun. Hal itu juga dijamin dalam Pasal 28I ayat (1) UUD 1945 maupun peraturan perundang-undangan di bidang HAM.

"Komnas HAM mengutuk tindakan pembunuhan tersebut yang dilakukan secara kejam, tidak manusiawi, dan merendahkan martabat manusia sehingga mengakibatkan tercerabutnya hak hidup para korban yaitu lima orang anggota Polri," pungkas dia. 





(AZF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360