Mendagri: Hasil Pilkada Tak Jauh dari Survei

M Sholahadhin Azhar 19 Juni 2018 04:00 WIB
pilkada serentak
Mendagri: Hasil Pilkada Tak Jauh dari Survei
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Senin, 18 Juni 2018. Foto: Medcom.id/ M Sholahadhin Azhar.
Bandung: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menilai jika hasil Pilkada serentak 2018 tidak jauh berbeda dengan hasil survei sejumlah lembaga.

"Saya kira hasilnya enggak akan jauh-jauh dari survei. Karena survei kan hasilnya bisa dipertanggungjawabkan," kata Tjahjo di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Senin, 18 Juni 2018.

Meski demikian, Tjahjo tak merinci hasil survei dari lembaga dan daerah mana yang dimaksud. Jika merujuk pada beberapa survei belakangan, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum unggul di Jawa Barat. Hal ini dibeberkan lembaga survei Indikator Politik di awal Juni 2018.


Sementara di Jawa Tengah, survei Indikator Politik menempatkan pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin di urutan teratas pada akhir Mei 2018. Adapun di Jawa Timur, Saifullah Yusuf dan Khofifah Indar Parawansa masih bersaing ketat.

Tjahjo enggan merinci hasil survei mana yang dimaksud. Yang jelas, ia optimis Pilkada di 171 daerah berjalan dengan lancar, termasuk di Jawa Barat. Polri dan TNI, siap menjaga suasana tetap kondusif.

"Saya yakin ini aman, memang Pilkada di 171 daerah aromanya pileg pilpres. Tapi saya kira ini bagian dari dinamika. Saya yakin aman," pungkas Tjahjo.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id