(Kiri ke kanan) KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Yudo Margono dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo. MI/ HO
(Kiri ke kanan) KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Yudo Margono dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo. MI/ HO

Pengamat: Soliditas Kepala Staf TNI Sesuai Harapan Jokowi

Media Indonesia.com • 19 Agustus 2022 19:22
Jakarta: Tiga Kepala Staf TNI yakni Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo belum lama ini menujukan keharmonisannya ke muka publik. Hal itu terlihat dalam sebuah foto yang beredar di media sosial belum lama ini.
 
Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Ujang Komarudin menilai keharmonisan serta soliditas yang ditunjukan para kepala staf TNI merupakan salah satu harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ditujukan oleh para jenderal dari tiga matra TNI. Terlebih, kata dia, saat ini dinamika global mengarah pada ketidakpastian.
 
"Tentu kita harus apresiasi untuk ketiga kepala Staf TNI yang bertemu, selain utuk menjaga soliditas di internal TNI, juga untuk mengawal pertahanan negara, termasuk Pemilu 2024 bisa terkendali aman,” kata Ujang kepada media di Jakarta, Jumat, 19 Agustus 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ujang menilai bertemunya jenderal TNI dari tiga matra itu tidak hanya semata untuk menjaga soliditas internal TNI. Tapi juga untuk menjaga pertahanan dan keamanan negara, termasuk mengawal Pemilu 2024.
 
Dia menerangkan tahun politik merupakan tahun yang sangat menarik bagi semua kalangan. Maka, jelas Ujang, sangat wajar jika para petinggi TNI juga turut memperhatikan keamanan bangsa dan momentum pemilu demi berlangsungnya hajat demokrasi tersebut secara aman dan damai.
 

Baca: Peringati HUT ke-77 RI, TNI Gelar Bakar Batu di Pedalaman Papua


"TNI hadir melindungi bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, serta mampu menjaga ideologi Pancasila. Dalam pidato Kenegaraan di DPR, Presiden Jokowi menyatakan kita harus eling lan waspodo menyikapi situasi global. TNI harus kompak, solid, eling, dan waspodo seperti arahan Presiden," tutur Ujang. 
 
Sebelumnya, potret hangat kebersamaan pimpinan tiga matra TNI itu mencuat ke publik usai ketiganya melakukan salat zuhur dan makan bersama di kediaman KSAD Jenderal Dudung Abdurachman. Bahkan, pada peringatan HUT ke-77 RI di Istana Negara, kepala staf TNI dari tiga matra itu joget bareng saat lagu Ojo Dibandingke dibawakan penyanyi cilik asal Jawa Timur, Farel Prayogo.
 
(LDS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif