Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah. Foto: Antara/Nova Wahyudi
Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah. Foto: Antara/Nova Wahyudi

Menaker Ajak Buruh Diskusi Ulang RUU Cipta Kerja

Nasional buruh Omnibus Law
Nur Azizah • 18 Februari 2020 15:24
Jakarta: Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah ingin mengajak perwakilan buruh mendiskusikan kembali Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker). Diskusi ini untuk membahas ulang aturan teknis dan pelaksanaan omnibus law tersebut.
 
"Teman-teman kami minta berikan masukan terkait aturan teknisnya, aturan pelaksana dari RUU ini. Kalau kami diminta buka kesempatan, ini kesempatan untuk dialog," kata Ida di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Februari 2020.
 
Hasil pembahasan akan diserahkan ke DPR. Masukan dari perwakilan buruh bisa ditampung di Omnibus Law Ciptaker karena aturan itu masih berupa draf. Ruang dialog ini harus dimanfaatkan buruh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kan biasa setelah ada draf, diakses masyarakat dan dibahas di DPR," jelas dia.
 
Ida meminta para buruh tak khawatir. Sebab, RUU itu belum final dan besar kemungkinan berubah sepanjang pembahasan.
 
Menaker Ajak Buruh Diskusi Ulang RUU Cipta Kerja
Pemerintah menyerahkan draf RUU Cipta Kerja ke DPR. Foto: MI/ Susanto
 
Pemerintah menyerahkan draf RUU Omnibus Law Cipta Kerja kepada Ketua DPR Puan Maharani pada Rabu, 12 Februari 2020. Draf terdiri atas 15 bab dan 174 pasal yang akan merevisi 79 undang-undang. Draf akan dibahas pemerintah dengan tujuh komisi di DPR.
 
Substansi dari omnibus law ini mencakup 11 klaster, yakni Penyederhanaan Perizinan, Persyaratan Investasi, Ketenagakerjaan, Kemudahan, Pemberdayaan, dan Perlindungan UMKM, Kemudahan Berusaha, Dukungan Riset dan Inovasi, Administrasi Pemerintahan, Pengenaan Sanksi, Pengadaan Lahan, Investasi dan Proyek Pemerintah, dan Kawasan Ekonomi.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif