Sidang di MK. Foto: MI/Susanto.
Sidang di MK. Foto: MI/Susanto.

Panel 2 MK Gugurkan 23 Sengketa Pileg

Nasional Sidang Sengketa Hasil Pileg 2019
M Sholahadhin Azhar • 22 Juli 2019 14:42
Jakarta: Sebanyak 23 pemohonan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) legislatif di panel 2 dinyatakan berhenti. Majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan hanya 33 perkara lain di panel 2 yang tetap dilanjutkan.
 
"Menghentikan bagian dalam perkara-perkara yang tidak dilanjutkan ke pemeriksaan pembuktian," kata Ketua MK Anwar Usman di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Senin, 22 Juli 2019.
 
MK menetapkan perkara dihentikan lantaran hakim menilai substansi permohonan sengketa pemilihan legislatif (pileg) yang diajukan tak lengkap. Pemohonan yang diajukan juga tak memiliki kesesuaian antara posita dan petitum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebanyak 33 perkara akan dilanjutkan besok dengan agenda pemeriksaan saksi pada pukul 07.30 WIB. Agenda pemeriksaan saksi dan ahli juga berlaku untuk perkara yang lolos di panel pertama.
 
Total perkara yang dihentikan hingga saat ini sebanyak 37 perkara. Sebanyak 14 perkara dari panel 1 dan 23 perkara dari panel 2.
 
Di panel 2 ini ada 86 perkara yang ditangani hakim. Sengketa berasal dari Jawa Tengah, Papua, Maluku, Banten, Sumatra Selatan, Lampung, Kalimantan Tengah, Kepulauan Riau, DI Yogyakarta, Bali, Gorontalo, dan Bengkulu.
 
Baca: Kelanjutan 260 Gugatan Pileg Diputuskan Hari Ini
 
Sementara itu, sengketa di panel 1 berasal dari Jawa Timur, Sumatra Utara, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, Aceh, DKI Jakarta, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Riau, dan Jambi. Total 82 perkara ditangani panel tersebut.
 
Di panel 3, hakim akan menyortir 82 perkara yang layak dilanjutkan. Permohonan itu berasal dari Jawa Barat, Maluku Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sumatra Barat, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Tenggara.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif